Resmi Diluncurkan, Polda DIY Pasang ETLE di 4 Titik

Jauh Hari Wawan S - detikOto
Selasa, 23 Mar 2021 16:43 WIB
Sosialisasi ETLE di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.
ETLE di Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Sleman -

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), resmi diluncurkan. Total ada 4 titik yang dipasang ETLE di Yogyakarta.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto menjelaskan dengan diluncurkannya ETLE, mulai hari ini polisi akan melakukan penindakan tilang elektronik.

"Iya (akan ditindak). Sebenarnya juga beberapa waktu yang lalu ETLE di Yogya sudah melakukan penindakan dalam arti melakukan penilangan ataupun teguran itu adalah tindakan kepolisian," kata Yuliyanto di Mapolda DIY, Selasa (23/3/2021).

Yuli menjelaskan di wilayah Polda DIY terdapat 4 titik yang sudah terpasang ETLE. Penerapan tilang elektronik ini, kata Yuli, sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

"Di wilayah Yogyakarta ada 4 titik yang sudah terpasang ETLE dan sebenarnya sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu, dalam taraf sosialisasi," jelasnya.

"Memang sudah ada yang dilakukan penilangan dengab ETLE dan ada yang hanya sekadar melakukan teguran," sambungnya.

Adapun 4 titik ETLE ada di Temon (Kulon Progo), simpang Ngabean, Banguntapan, dan Simpang Maguwoharjo. Ke depan, Polda DIY berencana menambah lokasi ETLE.

"Sementara ada 4 titik. Nah ini kita sedang mendiskusikan dengan Pemda DIY untuk bisa menambah titik-titik ETLE yang baru," paparnya.

Yuli memastikan, dengan diterapkannya ETLE bukan berarti razia kendaraan ditiadakan.

"Saya kira razia di jalan itu melihat kebutuhan. ETLE itu kan kameranya permanen ada di titik tersebut tidak bisa bergeser-geser yang memungkinkan adalah ditambah. Sehingga daerah-daerah yang memang pelanggarannya tinggi itu memang razia masih akan dibutuhkan," pungkasnya.



Simak Video "Ini Alur Tilang Elektronik Hingga Pembayarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)