Rekomendasi Mobil Baru untuk Irene Kharisma, Dapat Rp 200 Juta Usai Kalahkan Dewa Kipas

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 22 Mar 2021 21:12 WIB
Toyota Avanza Bandung
Rekomendasi mobil untuk Irene Kharisma yang baru memenangi pertandingan catur menghadapi Dewa Kipas (Faidah Umu Safuroh/detikcom)
Jakarta -

Pertandingan catur antara Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan WGM Irene Kharisma Sukandar berakhir timpang. Irene Sukandar berhasil menang telak 3-0 dan berhak atas hadiah sebesar Rp 200 juta. Sementara Dewa Kipas membawa pulang Rp 100 juta.

Dalam pertandingan catur yang ditayangkan secara live melalui akun Youtube Deddy Corbuzier itu, Irene menang tiga kali dari empat pertandingan yang dijadwalkan. Atas pertandingan yang berjalan singkat tersebut, Irene berhak atas hadiah uang tunai Rp 200 juta. Sementara Dewa Kipas mengantongi Rp 100 juta.

Jumlah hadiah Rp 200 juta terbilang sangat besar untuk pertandingan catur di Indonesia. Kalau Grand Master Wanita Irene Sukandar mau membelanjakan uangnya untuk beli mobil baru, kami punya beberapa rekomendasi untuknya.

Adu Catur Dadang Subur alias Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma SukandarAdu Catur Dadang Subur alias Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma Sukandar Foto: (Youtube/Deddy Corbuzier)

Dengan mendapat uang tunai sebesar Rp 200 juta, Irene bisa membeli sejumlah tipe mobil MPV, LCGC maupun hatchback dari sejumlah merek otomotif ternama.

Pilihan pertama dari tipe MPV terdapat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Untuk Avanza, mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 189 jutaan saja, sementara Xenia dipatok pada kisaran Rp 184 juta.

Soal kapasitas mesin, keduanya tak beda jauh dengan sama-sama memiliki pilihan kapasitas mesin 1.3 L dan 1.5 L dengan kapasitas tangki bensin sebesar 45 liter.

Untuk performanya, tenaga yang dihasilkan kedua mobil ini berbeda tipis. Avanza mampu menghasilkan tenaga hingga 90 hp dan torsi 120 Nm. Sementara tenaga yang dihasilkan Xenia mencapai 96 hp pada puncak torsinya mencapai 121 Nm.

Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.Rekomendasi Mobil Baru untuk Irene Kharisma , yang Menang Rp 200 Juta Usai Kalahkan Dewa Kipas Foto: Dok

Atau jika menginginkan MPV yang lebih murah, Toyota New Calya bisa dibeli dengan banderol harga mulai dari Rp 148 jutaan saja. Sama-sama memiliki 7 kursi, namun untuk spesifikasi mesin berbeda dengan Avanza dan Xenia.

Pada bagian performa mesin, Calya memiliki kapasitas sebesar 1.197 cc dengan menghasilkan tenaga maksimal mencapai 88 Ps @6.000 Rpm. Sementara torsi maksimumnya pada angka 11 Kgm di putaran 4.200 Rpm.

Selain MPV, terdapat juga sejumlah tipe mobil LCGC seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Baik Agya dan Ayla, mobil dengan 5 kursi ini memiliki tipe kapasitas mesin sebesar 1 L. Tetapi keduanya memiliki perbedaan soal harga, di mana Agya dijual mulai dari Rp 144 juta dan Ayla pada harga Rp 103 juta.

Mobil bertipe hatchback juga masuk dalam opsi pilihan. Irene bisa mengambil Suzuki Ignis yang menghadirkan sejumlah keunggulan, seperti kapasitas mesin sebesar 1.197 cc dengan tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 83 Ps @6.000 Rpm, sementara torsinya mencapai angka 113 Nm pada putaran 4.200 Rpm.

Mengenai harga, Ignis dijual mulai dari harga Rp 175 jutaan untuk tipe GL MT. Sementara untuk varian GX AGS mulai dijual sebesar Rp 204 juta.

Atau jika Irene ingin mencari mobil hatchback lainnya yang memiliki spesifikasi seperti Suzuki Ignis, Honda Brio bisa jadi opsi pilihan menarik.

Untuk Brio terdapat dua varian yakni Brio Satya dan Brio RS. Jika ingin tampil sporty saat berkendara, Brio RS merupakan pilihannya. Namun perlu diingat, tentu ada perbedaan harga antara kedua varian tersebut.

Pada varian Brio Satya mulai dijual dari harga Rp 151 juta. Sementara untuk tipe Brio RS harganya berkisar Rp 179 juta hingga Rp 200 juta.

Bagaimana soal spesifikasi mesinnya? Baik Honda Brio Satya dan Brio RS menggunakan mesin berkapasitas 1.2 L SOHC i-VTEC dengan menghasilkan tenaga sebesar 89 horse power pada puncak torsinya mencapai 110 Nm.

Keduanya memiliki perbedaan pada desain interior dan eksterior seperti tampilan Brio RS lebih sporty, adanya layar sentuh 6,2 inci pada interior Brio RS, dimensi ban yang berbeda serta sejumlah fitur lainnya yang lebih unggul pada Honda Brio RS.

Dengan hadirnya beberapa daftar mobil yang bisa dibeli dengan budget Rp 200 juta, lalu mobil apa yang cocok untuk dipakai Irene maupun anggota keluarganya?



Simak Video "Duel Catur Dewa Kipas Vs GM Irene yang Hebohkan Jutaan Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)