Bamsoet Sebut Indonesia Primadona untuk Investasi Bisnis Otomotif

Yudistira Imandiar - detikOto
Minggu, 21 Mar 2021 17:42 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan Indonesia merupakan tempat yang strategis bagi pelaku bisnis di berbagai bidang, termasuk di industri otomotif. Indonesia punya tenaga kerja mumpuni, serta memiliki sumber daya alam melimpah.

Bamsoet mencontohkan, PT Evoluzione Tyres, perusahaan patungan Astra Otoparts dengan Pirelli yang memproduksi ban Pirelli di Subang, Jawa Barat menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat produksi ban Pirelli dunia, setelah Jerman, Brazil, dan China.

Pabrik miliki PT Evoluzione Tyres menempati lahan 30 hektare, dan menyedot investasi senilai US$ 120 juta. Bisnis mereka menyerap sekitar 828 tenaga kerja lokal dari daerah Subang dan sekitarnya.

"Pabrik ban Pirelli tersebut memproduksi 4 juta ban per tahun dan akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 7 juta ban per tahun. Sebanyak 2/3 dari total produksi, atau sekitar 2,6 juta pcs ban Pirelli yang dihasilkan anak bangsa tersebut ditunjukkan untuk pasar ekspor ke 128 negara," urai Bamsoet saat mengunjungi pabrik ban Pirelli PT Evoluzione Tyres di Subang, Jawa Barat, Minggu (21/3/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengulas ban Pirelli produksi Subang juga sudah digunakan oleh berbagai tipe motor sport, skuter premium, dan lainnya. Ban Pirelli juga dipakai dalam ajang kejuaraan motocross dunia, MXGP, dan kejuaraan superbike nasional.

"Uji ketahanan sebuah ban (endurance) menurut standar internasional yang juga diadopsi dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) membutuhkan waktu 34 jam. Namun produksi ban Pirelli di Subang menambahkannya menjadi 150 jam. Sehingga ban yang diproduksi terjamin kualitas dan ketangguhannya," papar Bamsoet.

Ia menambahkan bahan baku karet dan berbagai kebutuhan penunjang produksi lainnya juga didapat dari alam Indonesia. Hal itu membuktikan bahwa selain dukungan tenaga kerja profesional, para investor otomotif juga dimudahkan dalam memperoleh bahan baku. Dukungan infrastruktur yang terus digenjot Presiden Joko Widodo, kata Bamsoet, semakin menjadikan Indonesia sebagai primadona investasi otomotif dunia

"Pada Desember 2020, Presiden Jokowi juga sudah meresmikan Pelabuhan Patimban di Subang, sebagai terminal ekspor bagi berbagai produk otomotif dari Indonesia. Menjadi modal besar dalam menghadapi ASEAN Connectivity 2025, agar Indonesia tak sekadar menjadi pasar melainkan juga menjadi pemain utama bagi berbagai produk otomotif," sebut Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menyebut perusahaan otomotif seperti Astra Otoparts melalui PT Evoluzione Tyres juga mengembalikan keuntungan yang mereka dapatkan dengan mendukung kemajuan olahraga otomotif di Indonesia. Salah satunya dengan berkontribusi melalui event kejuaraan Road Race H. Putra Indonesia Cup Prix 2021 (ICP 2021), di Sirkuit Gery-Mang Subang, Jawa Barat pada 20-21 Maret 2021.

"Langkah tersebut patut ditiru pelaku usaha industri otomotif lainnya. Semakin banyak pihak yang bergotong royong, semakin bagus bagi kemajuan ekosistem balap Indonesia," cetus Bamsoet.



Simak Video "Detik-detik Bamsoet Kecelakaan di Sprint Rally, Mobilnya Terguling-guling"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/din)