Gunakan Fitur Otonom Mobil Tesla Alami Kecelakaan Lagi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 18 Mar 2021 20:24 WIB
Tesla Tabrakan saat menggunakan fitur Autopilot
Mobil Tesla tabrakan Foto: Pool (CNBC)
Jakarta -

Kecelakaan lalu lintas kembali dialami oleh pengendara mobil dengan mengendarai Tesla. Insiden tersebut menyebabkan dirinya menabrak sebuah mobil patroli polisi yang tengah berhenti di pinggir jalan.

Kejadian ini terjadi di sebuah jalan raya di Eaton County, Michigan, AS, pada Rabu (17/03/2021) pukul 01:12 pagi waktu setempat. Saat itu mobil patroli polisi tengah berhenti di badan jalan untuk menyelidiki kecelakaan mobil yang menabrak seekor rusa. Namun tiba-tiba sebuah mobil Tesla melaju dari belakang dan menghantam bagian sisi kiri belakang mobil patroli hingga ringsek.

Atas insiden ini, otoritas Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional atau NHTSA turun tangan. Pihaknya mengirim sejumlah anggota dari tim investigasi kecelakaan khusus untuk menyelidiki kecelakaan tersebut.

"Otoritas NHTSA konsisten untuk melakukan pengawasan yang kuat atas keselamatan semua kendaraan bermotor serta berbagai peralatannya, termasuk teknologi mengemudi otomatis. Pihak kami telah meluncurkan tim Investigasi Kecelakaan Khusus untuk menyelidiki kecelakaan tersebut," tulis pernyataan NHTSA dikutip CNBC.



Pihak kepolisian setempat mengeluarkan pernyataan bahwa tidak ada cedera serius yang dialami oleh petugas polisi maupun pengendara Tesla. Sang pengendara mengungkapkan, saat insiden terjadi dirinya tengah menggunakan fitur Autopilot.

Kecelakaan ini menambah serangkaian insiden yang melibatkan mobil listrik Tesla. Badan Keselamatan Transportasi AS tersebut sempat mengkritik tajam Tesla akibat kurang memperhatikan keselamatan pada fitur Autopilot-nya.

Sepekan sebelumnya, sebuah mobil Tesla mengalami insiden dengan menabrak truk trailer di Detroit, AS, pada Kamis (11/03/2021) waktu setempat. Saat itu mobil Tesla yang berisi dua penumpang sedang melintas di sebuah persimpangan, namun nahas sebuah truk trailer melintas di depannya. Alhasil mobil menghantam bagian samping kontainer hingga masuk ke dalam kolong. Kejadian tersebut membuat kedua penumpang mengalami luka parah dan sempat mengalami kritis.

Hingga sekarang belum ada pernyataan resmi dari Tesla mengenai kecelakaan ini. Badan keselamatan transportasi AS akan melakukan penyelidikan lebih dalam, mengingat sejumlah insiden telah terjadi sebelumnya dengan fitur canggih Tesla Autopilot menjadi penyebabnya. Otoritas keselamatan juga menyerukan aturan yang jelas dan ketat mengenai sistem mengemudi otomatis, serta melakukan pendekatan pada Tesla untuk mengikuti regulasi soal keselamatan yang telah ditentukan.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)