Spesifikasi Kapal Selam Alugoro-405, Kapal Selam Pertama Buatan Indonesia

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 18 Mar 2021 06:45 WIB
Penyerahan kapal selam buatan PT. PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan, Alugoro-405 di Galangan Kapal PT PAL Indonesia, Surabaya, Rabu (17/3/2021)
Kapal Selam Alugoro - 405. Kapal selam pertama bikinan Indonesia (Arsip PT PAL Indonesia)
Jakarta -

Armada Angkatan Laut Indonesia bertambah seiring kedatangan kapal selam Alugoro-405. Dibuat oleh anak-anak negeri, begini spesifikasi kapal selam tersebut.

Kapal Selam Alugoro-405 resmi menjadi bagian sistem senjata (alutsista) terbaru TNI Angkatan Laut (AL) setelah diresmikan pada Rabu (17/3) kemarin oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Kapal selam ini dibuat oleh PT PAL Indonesia, bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan (Korsel). Dan pada Kamis kemarin, Kapal Selam Alugoro-405 diserahterimakan oleh DSME kepada Kemhan, untuk kemudian lansung diserahkan lagi ke Mabes TNI dan lantas pada Mabes TNI AL.

Dikutip dari situs resmi pal.co.id, Kapal Selam Alugoro-405 merupakan jenis Diesel Electric. Kapal selam ini memiliki dimensi panjang keseluruhan 61,3 meter. Untuk kecepatan, di bawah air lajunya bisa mencapai 21 knot (sekitar 38,892 km/jam) sedangkan saat di permukaan mampu melaju dengan kecepatan 12 knot (22,224 km/jam).

Soal daya tampung, kapal selam ini mampu membawa 40 orang kru. Sementara kemampuan jelajah selama 50 hari dan didesain dengan life time mencapai 30 tahun.

Menhan Prabowo luncurkan kapal selam buatan dalam negeri, KR Alugoro-405Menhan Prabowo luncurkan kapal selam buatan dalam negeri, KR Alugoro-405 Foto: dok. Kemenhan

Dikutip dari CNBC Indonesia, saat menjalani rangkaian uji Tactical Diving Depth (TDD), kapal selam ini mampu menyelam sampai kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali. TDD adalah tes kedalaman taktis bagi sebuah Kapal Selam pada kedalaman di bawah layer laut yang sulit dideteksi kapal atas air.

Menurut Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro, tahapan TDD ini penting untuk uji kekedapan kapal. Terbukti kapal selam dapat mempertahankan kekedapan pada kedalaman 300 meter dengan tekanan lingkungan pada kedalaman tersebut sebesar 30 bar.

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi," kata Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dalam keterangan tertulis, dalam prosesi serah terima kapal selam Alugoro-405, Rabu (17/3/2021).

Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama karya anak bangsa yang dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Lingkup pengerjaan yang dilakukan PT PAL meliputi Joint Section, test and trials (Setting to Work, Hydro Test, Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test including Pre-SAT, sampai dengan penyusunan working standard oleh PT PAL Indonesia (Persero)).



Simak Video "Tumpahan Minyak Terlihat di Lokasi Awal KRI Nanggala-402 Menyelam"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)