Elon Musk: Pabrik Mobil di AS Cuma Tesla dan Ford Belum Pernah Bangkrut

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 13 Mar 2021 17:53 WIB
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, kini menggeser posisi pemilik Amazon, Jeff Bezos, sebagai orang terkaya di dunia
Elon Musk menyebut Tesla dan Ford tak akan mengalami kebangkrutan (CNN)
Jakarta -

CEO Tesla, Elon Musk, menyebut dua pabrikan mobil yang tidak akan bangkrut. Yang dia maksud adalah dua perusahaan asal Amerika Serikat, Ford dan Tesla.

"Tesla & Ford adalah satu-satunya pembuat mobil Amerika yang tidak bangkrut dari 1.000 start up mobil. Prototipe itu mudah, produksi sulit, dan arus kas positif menyiksa," cuit Elon Musk seperti dikutip Sabtu (13/3/2021).

Sejurus kemudian CEO Ford, Jim Farley membalas cuitan Elon Musk. "Hormat," timpalnya.

Meski deretan perusahaan yang dipimpinnya saat ini tengah berada di masa jaya, Elon Musk sempat berada di titik terendah dalam urusan bisnis maupun kehidupannya.

Pada 2008, pria berumur 49 tahun ini bercerita jika Tesla dan Space X hampir bangkrut.

"2008 merupakan tahun yang benar-benar sulit. Roket Falcon 1 gagal meluncur untuk ketiga kalinya. Tesla pun hampir bangkrut hanya dua hari sebelum Natal," ujarnya.

Pada saat itu, ia mengaku hanya memiliki USD 40 juta. Elon pun mengatakan dirinya dibuat pusing bagaimana uang itu harus digunakan, karena langkah apapun seakan membawanya menuju kehancuran.

"Saya bisa menempatkan semua uang itu ke satu perusahaan dan yang satunya akan mati. Atau, saya bisa membaginya secara rata untuk SpaceX dan Tesla, lalu kemudian keduanya akan benar-benar mati," katanya.

"Pada akhirnya, saya menempatkan uangnya secara merata ke SpaceX dan Tesla, karena membangun sesuatu ibarat memiliki bayi, tidak bisa memilih. Untungnya keduanya bisa melewati masa sulit hingga saat ini," lanjutnya.

Ia menambahkan, SpaceX dan Tesla hidup dengan bermodalkan keuntungan yang sangat tipis, sehingga jika segala sesuatunya tidak berjalan sebagaimana mestinya, keduanya akan mati.

"Kami pernah hampir bangkrut dalam hitungan sebulan. Produksi Model 3 memang menimbulkan stres dan rasa sakit yang ekstrem dalam waktu yang lama terjadi dari pertengahan 2017-2019, itu neraka produksi dan logistik," tulis Elon Musk, pada followernya di Twitter.

Maju cepat ke awal 2021 dan Elon Musk kini tertawa ke bank dengan kekayaan bersih sekitar $ 156,9 miliar, menjadikannya orang terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos dari Amazon.



Simak Video "Pengkauan Elon Musk Benci Jadi Bos Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)