NASA Ikut Lahirkan Pesawat Terbang, Kerennya Berbekal Listrik

ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 05 Mar 2021 20:02 WIB
Pesawat NASA X-57
Pesawat Listrik Nasa Foto: Pool (TheDriven)
Jakarta -

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau dikenal sebagai NASA, akan memulai uji coba pada pesawat listrik pertamanya. Pesawat yang masih dalam bentuk prototipe ini nantinya melewati uji coba di darat sebelum bisa terbang.

Pesawat listrik yang diberi nama oleh NASA X-57 Maxwell tersebut akan diuji coba di Armstrong Flight Research Center di Edwards, California. Proses uji coba pertama dilakukan di darat terlebih dahulu, untuk melihat seberapa tinggi voltase listrik yang dihasilkan oleh pesawat.

Dikutip dari The Driven, uji coba juga dilakukan untuk menerapkan standar yang telah ditentukan serta mendapat sertifikat sebagai pesawat listrik layak terbang.

Namun sebelum terbang perdana, pihak NASA akan menguji coba beberapa sistem yang sebelumnya dilakukan saat uji lab. Selain itu pesawat melewati serangkaian tes di taxiway bandara sebelum akhirnya terbang mengudara.

Pesawat NASA X-57Pesawat NASA X-57 Foto: Pool (TheDriven)

Kepala Investigasi NASA X-57 Maxwell, Sean Clarke mengungkapkan uji coba pesawat listrik perdana ini melibatkan banyak anggota tim, baik yang mengoperasikan hingga tim pengendali di ruang kontrol.

"Banyak anggota tim yang akan mengoperasikan uji coba ini, sama banyaknya dengan sejumlah tim yang duduk di ruang kontrol untuk mengendalikan pesawat, itulah sebabnya saya sangat senang," kata Sean Clarke.

Saat ini X-57 Maxwell masih mengusung konfigurasi pertamanya sebagai pesawat listrik dengan dilabeli Mod 2. Dengan sistem pengaturan baterainya yang hampir selesai, pihak NASA akan melakukan uji coba pada baterai tersebut dengan menarik daya yang besar dan bertegangan tinggi.

Meskipun bentuk dan desain X-57 Maxwell sudah menyerupai seperti pesawat pada umumnya, namun hal tersebut nyatanya bukan desain akhir dari NASA. Setidaknya akan ada empat rancangan yang dibuat untuk mencapai desain pesawat yang diinginkan.

Desain terakhir menampilkan pesawat X-57 Maxwell memiliki 14 baling-baling, dengan dua baling-baling berukuran besar pada ujung sayap pesawat serta 12 lainnya berukuran kecil yang dipasang pada seluruh sayap.

Sejumlah pengujian tambahan akan dilakukan oleh NASA seperti peningkatan daya jelajah yang lebih tinggi, pengujian pada baling-baling pesawat, serta mengecek semua sensor dalam pesawat agar berfungsi normal.



Simak Video "Boko Haram Rilis Video Tembak Jatuh Pesawat AU Nigeria"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)