Mesin Parkir Canggih: Yang Diperiksa Bukan Cuma Pelat Nomor, tapi Wajah Pengendara

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 20:42 WIB
Mesin Parkir yang mampu memindai wajah pengemudi motor
Mesin parkir yang mampu memindai wajah pengendara motor (Youtube/ Unioncommunity)
Jakarta -

Mesin parkir yang satu ini punya kecanggihan yang tak dipunya mesin parkir lain. Bukan cuma memeriksa tiket dan pelat nomor, wajah pengendara juga bisa diperiksa kecocokannya.

Sebuah perusahaan teknologi bernama Union Community, mengembangkan sebuah mesin parkir yang dapat memindai wajah dan pelat nomor. Mesin tersebut diberi nama Ubio-X MPass.

Meskipun bisa mendeteksi wajah dan plat nomor pengendara, mesin parkir ini baru dikembangkan untuk parkir motor saja.

Pihak Union Community menanamkan fitur canggih dengan adanya proses identifikasi biometrik ke dalam mesin parkir sepeda motor tersebut. Fitur biometrik sendiri bisa Anda temui pada smartphone ketika membuka layar dengan sidik jari atau pemindai wajah.

Cara kerjanya cukup mudah, ketika Anda ingin masuk ke dalam parkiran pengendara diharuskan berhenti di mesin pertama untuk melakukan pemindaian plat nomor motor. Proses pemindaian memakan waktu dua detik saja.

Setelah berhasil, palang pintu terbuka dan pengendara motor melakukan pemindaian wajah di mesin kedua. Proses pemindaian memakan waktu kurang lebih dua detik saja. Ketika berhasil di scan, palang pintu terbuka dan pengendara diizinkan masuk ke dalam.

Pihak perusahaan mengklaim jika mesin parkir ini bisa memproses hingga 15 sepeda motor per menit. Lebih cepat daripada harus menekan tombol tiket dan menunggu karcis keluar dari mesin.

CEO Union Community, Shin Yosik, mengungkapkan jika teknologi ini merupakan terobosan baru dan bisa mempermudah pengendara saat masuk ke dalam parkiran.

"Kami akan memperluas sistem manajemen parkir dengan menggabungkan jenis teknologi baru yang belum pernah terlihat sebelumnya, dengan menggunakan teknologi berbasis biometrik, serta menyediakan semua solusi terkait parkir secara terintegrasi," kata Shin.

Dikutip dari Visordown, mesin parkir ini ditujukan terutama untuk pasar Asia Tenggara karena bisa menjadi sebuah solusi untuk meminimalisir antrian panjang di pintu masuk parkir.

Meskipun jadi solusi yang menarik, perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini baru mengembangkan mesin parkir tersebut di Vietnam saja. Karena pengguna moda roda dua tersebut cukup digemari di sana. Namun hingga sekarang belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan mesin parkir tersebut segera diresmikan.



Simak Video "Pernah Dengar Profesi 'Juru Parkir Pesawat'? Begini Kisahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)