Resmi Dapat PPnBM 0%, Mobil-mobil Toyota Ini Turun Belasan sampai Puluhan Juta

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 17:51 WIB
Dirancang sebagai kendaraan untuk menunjang berbagai kegiatan pelanggan atau Multi Activity Vehicle (MAV), Toyota Sienta kembali mendapat improvement. Sentuhan baru pada eksterior membuat mobil ini tampil lebih sporty dan stylish, dan sentuhan baru pada interior membuat kabin terasa lebih nyaman.
Besaran diskon mobil-mobil Toyota setelah resmi masuk daftar dapat keringanan PPnBM (Toyota)
Jakarta -

Kemenperin sudah mengeluarkan daftar mobil yang mendapat relaksasi PPnBM 0%. Ada enam jenis mobil bermerk Toyota yang dapat relaksasi. Berapa kisaran penurunan harganya?

Tercatat ada 21 jenis mobil yang mendapat relaksasi PPnBM, yang akan dimulai pada 1 Maret 2021. Daftar mobil-mobil tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah Pada Tahun 2021.

Dari 21 mobil itu penerima PPnBM tersebut, enam di antaranya merupakan mobil Toyota. Merek Toyota yang dapat kompensasi adalah Toyota Yaris, Toyota Vios, Toyota Sienta, Toyota Avanza, Toyota Rush, dan Toyota Raize.

Lalu berapa besarnya diskon mobil-mobil Toyota yang dapat relaksasi pajak 0% tersebut?

Penelusuran detikOto di sejumlah dealer mobil di Jakarta pekan ini, estimasi harga mobil setelah kena PPnBM 0 persen mengalami penurunan belasan sampai puluhan juta rupiah.

"Kami sudah menghitungnya. Jadi harga ini adalah estimasi penurunan harga di Maret 2021. Dan tipe-tipe mobil yang masuk kategori kendaraan dengan PPnBM 0% adalah dengan aturan, volume engine sampai dengan < 1.500cc, CKD kandungan komponennya 70%," ungkap sumber detikOto di salah satu dealer Auto2000.

Estimasi penurunan harga akibat PPnBM 0 persen untuk Toyota Avanza harganya bisa mencapai Rp 13-Rp 16 juta. Sementara untuk Toyota Rush turun Rp 18-Rp 19 juta, Sienta turun Rp 19-Rp 22 juta, dan Yaris turun Rp 18-Rp 21 juta.

Toyota Vios mengalami perkiraan penurunan paling besar. Korting harga akibat PPnBM diperkirakan menyentuh angka Rp 60-Rp 65 juta.

Pada kesempatan berbeda, salah seorang konsumen loyal Toyota mengaku dapat tawaran diskon besar dari dealer. Diskon besar itu disodorkan dengan seakan-akan mobil sudah mendapat potongan harga PPnBM.

"New Sienta V manual harga OTR DKI Rp 276.850.000, terus kena potongan Rp 37 juta (estimasi diskon dan penurunan harga PPnBM %), harga menjadi Rp. 239.850.000. Jadi diskon dealer-nya Rp 15 juta dan penurunan harga karena PPnBM 0%-nya Rp 22 juta," kata sumber detikOto.

Daftar kendaraan yang mendapat keringanan PPnBM:

1. Toyota Yaris (semua varian)
2. Toyota Vios (semua varian)
3. Toyota Sienta (semua varian)
4. Daihatsu Xenia (semua varian)
5. Toyota Avanza (semua varian)
6. Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)
7. Daihatsu Luxio (semua varian)
8. Daihatsu Terios (semua varian)
9. Toyota Rush (semua varian)
10. Toyota Raize (semua varian)
11. Daihatsu Rocky (semua varian)
12. Mitsubisi Xpander (semua varian)
13. Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)
14. Nissan Livina (semua varian)
15. Honda Brio RS (semua varian)
16. Honda Mobilio (semua varian)
17. Honda BRV (semua varian)
18. Honda HRV (semua varian)
19. Suzuki Ertiga (semua varian)
20. Suzuki XL7 (semua varian)
21. Wuling Confero (semua varian)



Simak Video "Diskon PPnBM Diperpanjang, Pedagang Mobil Bekas Menjerit"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)