Spesifikasi Bus Tingkat Laksana yang Diekspor ke Bangladesh

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 22 Feb 2021 08:43 WIB
Legacy SR2 Double Decker
Bus tingkat Laksana Legacy SR2 DD. Foto: Laksana
Jakarta -

Perusahaan karoseri asal Semarang, Laksana, mengekspor 8 unit bus tingkat tipe Legacy SR2 Double Decker ke Bangladesh. Bus tingkat ini memiliki spek yang menyesuaikan kebutuhan dan permintaan dari negara importir. Seperti apa detailnya?

Secara dimensi, bus tingkat Laksana yang diekspor ke Bangladesh ini memiliki panjang 14,4 meter, tinggi 4,1 meter, dan lebar 2,5 meter. Unit ekspor ini lebih panjang hampir satu meter dari Legacy SR2 Double Decker yang dijual di Indonesia.

Legacy SR2 Double DeckerLegacy SR2 Double Decker Foto: Laksana

Bodi tersebut lantas dipasangkan dengan sasis premium Scania K410EB 6x2. Mesin itu punya kapasitas mesin 13.000 cc, 6-cylinder in-line, turbocharged, dengan tenaga maksimum hingga 301 kW (410 dk) pada 1.900 rpm dan torsi puncak di 2.000 Nm pada 1.000-1.350 rpm.

"Kemudian untuk jumlah seat-nya 45, dengan konfigurasi 2-1, dan 1 Premiere Seat (sleeper)," kata Communication Manager CV Laksana, Candra Dewi, kepada detikOto, Minggu (21/2/2021).

Detail lain dari interior bus tingkat ini meliputi fitur lega light ambience cabin, entertainment TV, refrigerator for bus, aluminium luggage body, defroster system, reverse camera, pneumatic door system, AC with heater system, serta spacious luggage.

Legacy SR2 Double DeckerLegacy SR2 Double Decker Foto: Laksana

Bus tingkat Laksana pesanan Bangladesh ini memiliki posisi penempatan pintu yang agak berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan unit bus tingkat Indonesia. Unit Legacy SR2 Double Decker versi ekspor ini konfigurasi pintunya berdekatan, di mana pintu akses penumpang di bawah, letaknya tepat di belakang ban depan. Sementara untuk penumpang kabin atas, aksesnya melalui pintu depan, di mana di situ terletak tangga.

Konfigurasi joknya pun unik, karena menggunakan konfigurasi 2-1 yang sangat jarang ditemui di Indonesia. Seat-nya dibuat lebar, dengan finishing warna biru dan sudah dilengkapi sandaran kaki dan sandaran lengan untuk kenyamanan penumpang.

Sebagai informasi, Legacy SR2 Double Decker kali pertama meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 silam. Bodi bus tingkat ini sudah banyak digunakan oleh Perusahaan Otobus lokal, seperti Harapan Jaya, Rosalia Indah, dan Murni Jaya.

Legacy SR2 Double DeckerLegacy SR2 Double Decker Foto: Laksana


Simak Video "Keliling Kota Solo, Hiburan Bagi Para Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)