Ketagihan, Bangladesh Impor Lagi 8 Bus Tingkat Laksana

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 21 Feb 2021 17:22 WIB
Legacy SR2 Double Decker
Legacy SR2 Double Decker Foto: Laksana
Jakarta -

Perusahaan karoseri asal Semarang, Laksana, kembali mengekspor bus buatannya ke negeri Bangladesh. Negara yang berbatasan dengan India itu tampaknya ketagihan dengan double decker buatan Laksana. Setelah pada awal 2020 lalu mereka impor 10 bus, di Februari 2021 ini mereka membeli 8 unit bus serupa.

Berita ekspor bus tingkat Laksana ini diumumkan langsung oleh karoseri tersebut di akun media sosial Instagram resminya, @laksanabus. Update terakhir (21/2/2021), kedelapan unit bus tingkat Laksana Legacy SR2 Double Decker tersebut sudah sampai di Indonesia Kendaraan Terminal (IPC Car Terminal), Jakarta Utara, untuk dikirim ke Bangladesh melalui jalur laut.

Pihak Laksana sendiri belum merilis spesifikasi bus tingkat yang diekspor ke Bangladesh itu. Namun kemungkinan besar tidak jauh berbeda dengan unit ekspor yang dikirim tahun lalu. Yang artinya, bus tingkat ini memiliki panjang 14,4 meter, tinggi 4,1 meter, dan lebar 2,5 meter. Unit ekspor ini lebih panjang hampir satu meter daripada Legacy SR2 Double Decker yang dijual di Indonesia.

Legacy SR2 Double DeckerLegacy SR2 Double Decker Foto: Laksana

Tak hanya dimensinya yang berbeda, layout pintunya pun agak berbeda. Unit Legacy SR2 Double Decker versi ekspor ini konfigurasi pintuny berdekatan, di mana pintu akses penumpang di bawah, letaknya tepat di belakang ban depan. Sementara untuk penumpang kabin atas, aksesnya melalui pintu depan, di mana di situ terletak tangga.

Konfigurasi joknya pun cukup unik, karena menggunakan konfigurasi 2 + 1 yang sangat jarang ditemui di Indonesia. Selain itu, seat-nya dibuat lebar, dengan finishing warna biru dan sudah dilengkapi sandaran kaki dan sandaran lengan untuk kenyamanan penumpang.

Bus tingkat Laksana yang dikirim ke Bangladesh ini juga tetap menggunakan sasis dan mesin besutan Scania, yang sudah dikenal ketangguhannya.

Legacy SR2 Double DeckerLegacy SR2 Double Decker Foto: Laksana

Tahun lalu, bodi Legacy SR2 Double Decker yang diekspor ke Bangladesh diperkirakan memiliki harga mencapai Rp 3 miliar per unitnya. Sebagai informasi, Legacy SR2 Double Decker kali pertama meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 silam.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Bersama Brigjen Prasetijo, Djoko Tjandra Didakwa Palsukan Surat Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)