Laku Keras, SUV Mewah BMW X7 Bakal Dirakit di Sunter

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 29 Jan 2021 14:27 WIB
BMW Group Indonesia menampilkan mobil bergaya SUV BMW X7 di Tanah Air. Mobil yang dijuluki The President itu dibanderol dengan harga mencapai Rp 2,4 Miliar.
BMW X7 bakal dirakit lokal. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Biasanya mobil-mobil yang murah dan secara volume penjualan lebih banyak akan dipertimbangkan untuk dirakit dalam negeri. Mobil-mobil mahal yang harganya miliaran cenderung menerima impor dari luar negeri saja. Tapi tidak dengan BMW X7.

Namun, BMW tahun ini memutuskan untuk melakukan perakitan lokal model flagshipnya, BMW X7. Ini adalah mobil SUV yang di Indonesia harganya Rp 2.399.000.000. Didatangkan ke Indonesia pertama kali pada akhir tahun 2019, batch pertama langsung ludes. Setelah itu pun permintaan masih tinggi sehingga BMW Group Indonesia memutuskan untuk merakit mobil itu sendiri di pabriknya yang terletak di Sunter, Jakarta Utara.

"Yang jelas X7 adalah SUV paling tinggi di Indonesia. Dari awal kita juga sudah menytakan ini akan di CKD di Indonesia bersyukurnya tahun lalu demand sangat besar," kata Vice President of Sales, BMW Indonesia Bayu Riyanto, dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/1/2021).

"Ketika batch pertama datang kita tidak dapat kuota banyak. Melihat debut kami percaya untuk melanjutkan panning kami di awal nanti akan di-knockdown di Indonesia. Ini sold out di batch pertama dan ini sangat amat menarik," lanjut Bayu.

Bayu menambahkan bahwa BMW X7 memang kendaraan BMW yang banyak peminatnya secara global. Melihat antusiasme pasar Indonesia dan berdasar hasil penelitian, mobil berjuluk The Presiden ini pun dirakit lokal.

"X7 itu bukan hanya Indonesia tapi world wide diminati pelanggan jadi market rebutan bisa dapat stok waktu awal. Setelah itu kita lakukan riset dan memang ini sesuai untuk pelanggan Indonesia dan kita putuskan rakit lokal," paparnya.

Secara dimensi BMW X7 memiliki panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.805 mm, serta sumbu roda 3,105mm. Tak hanya itu, BMW X7 juga menghadirkan kelapangan dengan tiga baris kursi berkapasitas enam penumpang, namun konsumen dapat memesan dengan konfigurasi tujuh bangku.

Dari segi dapur pacu, BMW X7 yang dipasarkan di Indonesia adalah xDrive40i yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo dikawinkan dengan transmisi Streptonic Sport - 8 Percepatan. Walhasil dengan bekal tersebut, mobil mampu memuntahkan tenaga 340 hp pada 5.500-6.500 rpm dan torsi maksimal 450 Nm dari 1.500 rpm. Di atas kertas BMW X7 mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.



Simak Video "BMW Motorrad Rilis BMW R 18 dan R 18 Classic Model Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)