Video Diduga Detik-detik Kecelakaan yang Tewaskan Chacha Sherly

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 06 Jan 2021 08:49 WIB
Mantan personel Trio Macan Yuselly Agus Stevy alias Chacha Sherly meninggal dunia usai terlibat kecelakaan di Tol Semarang-Solo KM 428. Chacha Sherly meninggal Selasa (5/1/2021) karena luka berat di kepala.
Chacha Sherly meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan. Foto: dok. IG Chacha.Sherly

Dia menyarankan, saat berada di tol, pengendara perlu mengatur jarak aman dengan menggunakan prinsip empat detik. Artinya, antara mobil di depan dengan mobil yang kita kendarai perlu ada jarak empat detik.

Asumsi dari perhitungan ini berdasarkan respons manusia yang membutuhkan 1,5 hingga 2 detik plus reaksi mekanik pengereman yang membutuhkan waktu antara 0,5 hingga 1 detik. Jika kendaraan di depan melakukan manuver, dengan menjaga jarak empat detik maka pengemudi bisa melakukan antisipasi atau menghindar.

"Satu detik gaya momentum kendaraan, satu detik reaksi rem dan jalan, satu detik mewakili reaksi pengemudi (kaget, memindahkan telapak kaki dari pedal gas ke rem), satu detik safety factor," kata Sony.

Dijelaskannya, empat detik yang dimaksud dihitung dari kendaraan yang dikemudikan dengan kendaraan lain di depan. Pengemudi bisa mencari objek statis seperti pohon atau tiang untuk dijadikan patokan menghitung. Misalnya, bila mobil di depan sudah melewati satu titik, ditandai dengan tiang listrik, maka empat detik kemudian mobil yang kita kemudikan melewati titik yang sama, artinya sudah memiliki jarak aman dengan mobil di depan.


(rgr/din)