Toyota Siapkan Mobil yang Bisa Mandi Sendiri

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 01 Jan 2021 12:58 WIB
Toyota patenkan teknologi mobil yang bisa mandi sendiri
Mobil otonom Toyota mandi sendiri. Foto: Toyota
Jakarta -

Memang ada perasaan puas dan senang ketika mobil bersih dan kinclong. Namun, untuk membuatnya bersih kadang ada rasa malas saat harus mencucinya sendiri atau sekedar mengantarnya ke tempat cuci.

Tidak lama lagi anda mungkin tak perlu lagi memikirkan kondisi kebersihan mobil. Toyota baru saja mematenkan sebuah teknologi otonom baru di mana mobil bisa mandi sendiri.

Gambar patennya relatif sederhana. Diarsipkan untuk mobil otonom, mobil tersebut akan dapat terhubung ke server berbasis cloud. Nanti keduanya akan menilai apakah perlu pencucian atau tidak, serta mencari dan berjalan sendiri ke fasilitas pencucian mobil otomatis.

"Dalam sistem penilaian pencucian mobil, server memperoleh informasi perjalanan kendaraan. Sistem menilai apakah informasi perjalanan yang diperoleh di server memenuhi ketentuan tertentu atau tidak. kondisi pencucian mobil. Informasi perjalanan meliputi apakah jalan beraspal atau tidak," tulis keterangan yang menyertai gambar paten tersebut.

Pada dasarnya, dua sistem akan menilai apa yang dianggap bersih dan apakah mobil telah melampaui batas kebersihan berdasarkan kondisi yang telah ditentukan. Jika dianggap kotor dan perlu dicuci, mobil akan pergi sendiri ke tempat cuci.

"Kendaraan mengirimkan informasi perjalanan otomatis. Bila informasi perjalanan dari kendaraan penggerak otomatis memenuhi kondisi pencucian mobil, unit instruksi pencucian mobil mengirimkan sinyal instruksi untuk memindahkan mobil ke tempat pencucian mobil," lanjut penjelasan paten itu.

Intinya, jika aman untuk melakukannya dan mobil tidak akan menjadi kotor lagi saat melakukannya, mobil akan secara otomatis pergi ke tempat cuci mobil dan kembali tanpa sentuhan tangan anda.



Simak Video "Sstt! Bukan Hanya Avanza, Toyota Juga Bakal Hadirkan Innova Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)