Kasihan, Cuma Tiga Tahun Umur Mobil Listrik Ini di Jalur Produksi

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 28 Des 2020 13:11 WIB
Mobilmobil listrik vw, VW e-Golf, Audi e-tron
VW e-Golf berhenti diproduksi selamanya. Foto: VW Group
Jakarta -

Sebelum mengerjakan proyek mobil listrik Volkswagen ID, ada VW Golf listrik atau disebut e-Golf yang sudah berada di jalur produksi VW di Dresden, Jerman sejak tahun 2017. Baru tiga tahun diproduksi, e-Golf kini disuntik mati oleh VW.

Produksi VW e-Golf ada di Dresden, Jerman dan telah dirakit sebanyak 50.401 unit dalam rentang waktu 3 tahun ini. Akhir dari produksi ini jelas untuk memberikan jalan ke VW ID yang telah menjadi fokus elektrifikasi baru merek asal Jerman tersebut.

"Akhir dari e-Golf juga merupakan awal dari persiapan untuk ID.3. Hanya dalam beberapa minggu, kami akan membuka bab berikutnya untuk Pabrik Transparan," kata Kepala Pabrik VW Dresden, Danny Auerswald seperti dilansirkan oleh Carbuzz.

Seperti yang dikatakan Auerswald, fasilitas ini akan menjalani renovasi selama tiga minggu untuk mempersiapkan produksi ID.3 yang dimulai pada akhir Januari 2020. ID.3, bersama dengan SUV ID.4, sudah diproduksi di fasilitas Zwickau milik VW, yang juga berlokasi di Jerman. Produksi ID.4 nantinya akan diperluas ke Chattanooga, Tennessee menyusul perluasan pabrik di sana.

"Setelah Zwickau, ini adalah lokasi kedua di Eropa untuk memproduksi kendaraan berdasarkan sistem e-drive modular baru. Karena itu, Volkswagen menggarisbawahi pentingnya pabrik Saxon dalam elektrifikasi grupnya," lanjut Auerswald.

E-Golf sebenarnya sudah memulai debut pada tahun 2014 dan diproduksi pertama kali di pabrik VW di Wolfsburg, Jerman hingga awal tahun 2020. Pabrik di Dresden merupakan pabrik kedua yang ditambahkan sejak tahun 2017. Kedua fasilitas tersebut membangun 145.561 e-Golf sejak tahun 2014 sampai sekarang. Berakhirnya produksi di Dresden berarti akhir dari produksi VW e-Golf.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)