Catat! Peraturan Perjalanan Liburan Natal-Tahun Baru Lengkap Semua Jenis Transportasi

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 23 Des 2020 13:30 WIB
Polda Metro Jaya mengadakan rapid test antigen dalam Operasi Lilin Jaya 2020. Rapid test antigen itu berlangsung di rest area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek.
Peraturan lengkap perjalanan libur Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi COVID-19 (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Menyambut liburan Natal dan tahun baru, Satgas Penanganan COVID-19 mengeluarkan surat edaran yang mengatur perjalanan berbagai moda transportasi. Bagaimana isinya?

Surat Edaran (SE) tersebut bernomor 3 tahun 2020, tentang protokol kesehatan perjalanan orang selama libur Natal dan menyambut tahun baru 2021 dalam masa pandemi COVID-19. Seluruh moda perjalanan (darat, laut, dan udara, serta kereta api) diatur di dalamnya.

Terkait Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19, Kementrian Perhubungan kemudian menerbitkan Surat Edaran (SE) Tentang Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perjalanan Orang dengan Transportasi Selama Masa Libur Natal dan Tahun Baru Dalam Masa Pandemi COVID-19.

"SE yang kami terbitkan merujuk pada SE Satgas Covid-19 Nomor 3 tahun 2020, yang bertujuan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat akibat perjalanan orang di masa libur natal dan tahun baru," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dikutip dari Antara.

Ada tiga aturan perjalanan libur Natal-Tahun Baru dalam Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 tersebut. Poin-poinnya adalah sebagai berikut:

1. Setiap indivdu yang melaksanakan perjalanan wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer.

PT KAI menambah empat stasiun yang layani rapid test antigenPT KAI menambah empat stasiun yang layani rapid test antigen Foto: istimewa

2. Pengetatan protokol kesehatan sepanjang perjalanan yang perlu dilakukan berupa:
- Penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut
- Jenis masker yang digunakan oleh pelaku perjalanan adalah masker kain 3 lapis atau masker medis
- Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan kurang dari 2jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat pada satu titik waktu tertentu dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

3. Pelaku perjalanan dalam negeri harus mengikuti ketentuan sebagai berikut
a. Setiap individu yang melakukan perjalanan orang dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing masing serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku

b. Untuk perjalanan ke Pulau Bali, pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan test RT-PCR paling lama 7 X 24 Jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia

Sedangkan pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi darat baik pribadi maupun umum, diimbau memggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia

Puluhan calon penumpang di Bandara Juanda Surabaya melakukan reschedule. Hal ini karena meraka tidak bisa mengejar penerbangan karena hari antre rapid test antigen.Puluhan calon penumpang di Bandara Juanda Surabaya melakukan reschedule. Hal ini karena meraka tidak bisa mengejar penerbangan karena hari antre rapid test antigen. Foto: Suparno

c. Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antarprovinsi/Kabupaten/kita), pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara dan kereta api wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan. Untuk pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi darat baik pribadi maupun umum, dihimbau menggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan. Pengisian e-HAC Indonesia bersifat wajib bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi umum maupun pribadi, terkecuali bagi moda transportasi kereta api.

d. Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak wajib tes RT-PCR maupun rapid test antigen sebagai persyaratan perjalanan.

e. Perjalanan rutin di Pulau Jawa dengan moda transportasi laut yang bertujuan melayani pelayaran lokasi terbatas antarpulau atau antarpelabuhan domestik dalam satu wilayah aglomerasi atau dengan transportasi darat baik pribadi maupun umum dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan (Jabodetabek) tidak wajib menunjukkan surat hasil rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

f. Dalam keadaan tertentu terkait ketentuan pada poin d dan e, Satuan Tugas Penanganan COV ID-19 Daerah dapat melakukan tes acak rapid test antigen maupun RT-PCR jika diperlukan.

Guna cegah penyebaran virus Corona jelang nataru, rapid test antigen juga diberlakukan bagi para penumpang bus di berbagai terminal Ibu Kota. Berikut potretnya.Guna cegah penyebaran virus Corona jelang nataru, rapid test antigen juga diberlakukan bagi para penumpang bus di berbagai terminal Ibu Kota. Berikut potretnya. Foto: Agung Pambudhy

g. Selain ketentuan poin b dan c mengenai Jawa dan Bali, rapid test antibodi masih boleh digunakan sesuai ketentuan yang ada.

h. Apabila hasil rapid test antigen atau antibodi pelaku perjalanan nonreaktif/negatif namun menunjukkan gejala, maka pelaku perjalanan tidak boleh melanjutkan perjalanan dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR dan isolasi madiri selama menunggu hasil pemeriksaan.

i. Perjalanan menggunakan moda transportasi laut mengikuti kebijakan yang sudah berlaku, terkecuali bagi perjalanan menuju dan dari Pulau Bali wajib menggunakan rapid test antigen.

j. Kementrian/lembaga/perangkat daerah yang menyelenggarakan fungsi terkait perhubungan darat/laut/udara/perkeretaapian menindaklanjuti surat edaran ini dengan melakukan penerbitan instrumen hukum dengan mengacu pada Surat Edaran ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



Simak Video "Tim Pakar Satgas COVID-19 Kunjungi Ciamis, Ini Catatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)