Toyota Pernah Jualan Motor Juga, Begini Modelnya

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 23 Des 2020 06:07 WIB
Dulu Toyota pernah jualan motor juga seperti Suzuki dan Honda saat ini.
Motor yang pernah dijual Toyota. Foto: Youtube: Mari Yoshitani
Jakarta -

Honda dan Suzuki adalah dua pabrikan Jepang yang dikenal memproduksi mobil dan motor. Selain mereka berdua ternyata raksasa mobil Jepang, yaitu Toyota pernah coba peruntungannya jualan motor juga, lho.

Toyota pernah menjual motor sudah lama sekali. Tepatnya antara tahun 1949 hingga tahun 1960. Modelnya pun beragam, dari yang sangat sederhana sampai yang cukup menjanjikan pada masanya.

Motor Toyota ini sebenarnya tidak dibuat langsung oleh Toyota, tapi Toyo Motors yang membuatnya dan menggunakan jaringan Toyota untuk penjualannya.

Toyo Motors didirikan di tempat yang sekarang menjadi kota Kariya, yang terletak di Prefektur Aichi, Jepang. Pendirinya adalah Kazuo Kawamata yang sangat tertarik dengan mesin pembakaran dan telah mempelajarinya sejak berusia 20 tahunan. Setelah ia membantu mengembangkan Roland yang merupakan mobil berpenggerak roda depan pertama di Jepang, Kawamata berkenalan dengan pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda.

Berhubungan lewat surat pos, Kawamata mendapatkan kesempatan bekerja paruh waktu di Toyota Motor Research Laboratory pada tahun 1942. Kawamata yang sangat suka mesin mengisi waktu luangnya mengembangkan mesin Bismotor untuk sepeda. Temuannya itu pun mendapatkan pengembangan dan pendanaan lebih lanjut hingga ia produksi secara independen. Tidak lama kemudian, Kawamata mendirikan Toyo Motors pada tahun 1949 dan langsung diposisikan sebagai anak perusahaan Toyota.

Toyo Motors terus berkembang sampai pada tahun 1952 produksi tahunannya lebih dari 10.000 sepeda setahun yang tidak bisa disebut kecil di masanya.

Pertumbuhan Toyo Motors sayangnya tidak lama. keluhan kontrol kualitas yang tak ada habisnya menghantui Toyo Motors selama hidupnya. Hal ini karena dulu Toyo Motors sudah mempercayai sistem outsourcing seperti zaman sekarang. Toyo menerima suplai komponen dan merakitnya di pabrik. Masih rendahnya kualitas pemasok membuat kualitas produksi Toyo Motors kurang diterima konsumen.

Para insinyur dan karyawan Toyo sempat mempertimbangkan kembali gagasan membuat komponen motornya sendiri, tapi Kawamata diceritakan tidak tertarik. Di masa beratnya itu tumpukan suku cadang yang rusak mulai menumpuk di dalam pabrik.

Di saat sulitnya Toyo Motors, Honda datang menjawab semua kebutuhan sepeda motor lewat Honda Super Cub yang praktis menjadi salah satu motor terlaris sepanjang masa. Perlahan Toyo Motors hilang dan tak lagi produkti di tahun 1960.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)