Motor Listrik China Ini Mirip Honda Super Cub

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 19 Des 2020 17:54 WIB
Motor listrik China mirip Honda Super Cub.
Motor listrik China mirip Honda Super Cub. Foto: Zongshen
Jakarta -

Motor listrik sudah cukup banyak pilihannya bereda di pasar. Mulai dari bentuk skuter sampai motor sport, tapi belum ada di Indonesia yang berbentuk motor bebek klasik.

Ternyata sudah ada yang terpikirkan selera pasar motor listrik ini. Pabrik asal China bernama Zongshen punya produk untuk Anda yang pengin motor listrik dengan bentuk seperti Honda Super Cub dengan nama Monterey.

Tak dapat ditampik kesan pertama melihat motor ini yang terlintas di kepala adalah Honda Super Cub. Bentuk khas body plastik dengan lampu bulat dan velg jari-jarinya merepresentasikan Honda Super Cub, tapi jika dilihat lebih dekat desainnya tak benar-benar sama.

Sebagai pabrikan China soal harga tentu menjadi senjata utamanya. Motor bernama Monterey ini dibanderol dengan harga USD 1.995 atau sekitar Rp 28 juta.

Dilihat dari bentuk dan ukurannya ini jelas adalah motor listrik perkotaan untuk jarak dekat. Benar saja, dilihat dari rideapart motor ini diklaim dapat mencapai kecepatan maksimal 51 kpj saja dengan torsi maksimal 88 ft-lbs. Sementara itu untuk kemampuan jelajahnya hanya bisa menjangkau 32-100 km tergantung penggunaannya dengan satu kali pengisian baterai sampai penuh.

Motor ini pun terbilang sangat ringan. Ditambah baterai yang beratnya 9 kg, motor ini bobot totalnya menjadi 80 kg saja atau 71 kg tanpa baterai. Kendati ringan, lembar spesifikasinya menyebutkan motor ini dapat mengangkut bobot hingga 136 kg.

Pelek motor ini menggunakan ukuran 17 inci. Sementara itu walaupun dirancang klasik, sistem penerangan dan lampu lainnya sudah pakai LED. Soal suspensi juga tampak suspensi motor lama pada masanya yang tak disebutkan rinciannya. Begitu pula pada pengereman depan dan belakang juga menggunakan sistem tromol.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)