Salshabilla Adriani Diduga Mabuk dan Tabrak 2 Mobil, Ini Bahaya Nyetir dengan Pengaruh Miras

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 16 Des 2020 12:34 WIB
Penampakan Salshabilla Adriani usai kecelakaan
Bahaya berkendaraa di bawah pengaruh minuman beralkohol. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Artis Salshabilla Adriani baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas karena dirinya menabrak dua mobil di Kemang, Jakarta Selatan. Artis yang kerap tampil di layar kaca sebagai pemain sinetron itu diduga berada di bawah pengaruh minuman beralkohol saat tabrakan terjadi.

Kasus kecelakaan akibat pengaruh minuman keras ini tentu bukan yang pertama terjadi. Sejumlah negara bahkan sudah memberikan aturan keras terhadap larangan mengemudi di bawah pengaruh minuman beralkohol. Pasalnya di saat tingkat kesadaran yang rendah risiko kecelakaan menjadi lebih besar.

Beberapa waktu lalu Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian menjelaskan berkendara dalam kondisi mabuk termasuk dalam Impaired Driving. Impaired driving memiliki ciri pada menurunnya indera penglihatan dan berkurangnya konsentrasi.

"Impaired Driving adalah kondisi mengemudi di bawah pengaruh alkohol (miras) bahkan obat-obatan, akan punya ciri penglihatan kurang, sulit konsentrasi serta refleks sangat buruk," kata dia saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.

Kecepatan reaksi motorik manusia juga menurun ketika dalam pengaruh minuman beralkohol. Lambatnya reaksi tentu akan menentukan apakah pengemudi siap menghindari bahaya yang ada di depannya. Belum lagi apabila kadar alkohol dalam tubuh sudah berlebihan dapat menimbulkan halusinasi.

"Akibat minuman alkohol 13% reaksi terhambat," lanjut Reza.

Salshabilla membawa mobil Mercedes-Benz berkelir hitam dalam kecelakaan yang menabrak dua unit mobil di depannya. Saksi mata menyebut Salshabilla sempat berusaha melarikan diri dari kejadian. Saat ditanya warga sekitar ia tidak mampu mengeluarkan jawaban dengan jelas.

Saat ini Ibu angkat Salshabilla, Helen Oktavia mengatakan Salshabilla sudah dalam keadaan aman di rumah tapi masih dalam kondisi syok. Masalah soal kecelakaan pun sudah diselesaikan.



Simak Video "Tabrak 2 Mobil, Salshabilla Adriani Minta Maaf "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)