Road Trip Jakarta-Bali Dimulai! Menguji Daya Jelajah Toyota Corolla Cross Hybrid

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 15 Des 2020 14:47 WIB
Toyota Corolla Cross
Road trip Jakarta-Bali, kami menguji ketangguhan Toyota Corolla Cross Hybrid (Muhammad Zaky Fauzi Azhar)
Jakarta -

Toyota Corolla Cross Hybrid sudah kami rasakan performa dan fungsionalitasnya untuk dipakai di dalam kota. Kini redaksi detikOto memberikan ujian lebih berat: menempuh perjalanan ribuan kilometer untuk menjalani road trip Jakarta-Bali pulang pergi.

Perjalanan detikOto Jakarta-Bali menggunakan Toyota Corolla Cross Hybrid kali ini direncanakan akan berlangsung selama 7 hari, dari 14 sampai 20 Desember 2020. Kami start dari Gedung TransTV Jakarta, lalu menuju Tegal, Semarang, Probolinggo, Banyuwangi, dan Bali. Sementara untuk perjalanan kembali, kami melewati Surabaya dan langsung menuju Jakarta.

Perjalanan Road Trip Jakarta-Bali with Hybrid Car Toyota kali ini tidak hanya bicara soal ketangguhan dan fitur terbaik mobil hybrid Toyota. Dalam kesempatan kali ini, detikoto melakukan kolaborasi dengan detikTravel dan detikFood. Kami bakal mengulas akan keindahan wilayah yang kami kunjungi dan tentunya mencicipi lezatnya kuliner lokal.

Etape pertama Road Trip Jakarta-Bali menggunakan Toyota Corolla Cross hybrid menginap di Semarang Jawa Tengah. Pada etape kedua perjalanan dilanjutkan diawali dari Semarang-Boyolali-Bali.

Setelah puas menjelajah Bali perjalanan kembali dilanjutkan memasuki etape ketiga Bali-Banyuwangi dengan menyambangi Gunung ijen dan Padang Savara. Pada etape akhir, Road Trip Jakarta-Bali with Hybrid Car Toyota akan diakhir dengan perjalanan Banyuwangi-Surabaya-Jakarta.

Headunit Toyota Corolla Cross yang dapat mengecek kartu uang elektronik.Headunit Toyota Corolla Cross yang dapat mengecek kartu uang elektronik. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan SUV perkotaan dengan kapasitas 5 penumpang dan memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Corolla Cross memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman. Kabin yang lega sangat membantu kami melalui perjalanan panjang, membuat badan tak cepat pegal dan lelah.

Desain eksterior Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful sebagai trademark Corolla. Sementara postur tubuh yang tinggi dan gagah mencitrakan diri sebagai Urban SUV berkelas. Corolla Cross Hybrid punya kesan tangguh, menunjukkan kendaraan ini cocok dan bisa juga diajak perjalanan jauh.

All New Corolla Cross hadir dalam 2 varian yang semuanya memiliki transmisi CVT, yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV). Kehadiran Corolla Cross HEV tidak hanya menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia.

Toyota Corolla Cross.Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

All New Corolla Cross berbahan bakar gasoline menggunakan engine 1.8L 2ZR-FE yang mampu mencapai power maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm, yang menawarkan sensasi berkendara melebihi ekspektasi.

All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 mm, membuatnya bisa melewati medan non-aspal dengan mudah.

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin All New Corolla Cross dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini. Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Toyota Corolla CrossToyota Corolla Cross Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Sementara penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Safety menjadi salah satu concern utama Toyota saat ini, sehingga All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang.

Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Mau tahu keseruan road trip DetikOto, DetikTravel, DetikFood, DetikFoto dan 20Detik, terus pantau perjalanan kami ya.



Simak Video "Teaser - Serunya Road Trip Jakarta-Bali Bersama Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)