Royal Enfield Meteor 350 Masuk Pasar Indonesia?

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 20 Nov 2020 12:59 WIB
Royal Enfield Meteor 350
Kapan Royal Enfield Meteor 350 masuk Indonesia? Foto: Royal Enfield
Jakarta -

Royal Enfield baru saja meluncurkan sebuah motor yang benar-benar baru seutuhnya dalam wujud Royal Enfield Meteor 350. Motor ini menggunakan platform dan mesin yang sama sekali baru dan belum digunakan oleh model-model Royal Enfield saat ini.

Tampilan Royal Enfield Meteor 350 pun lebih berisi dibandingkan dengan model 350 Royal Enfield lainnya. Penempatan berbagai komponen dalam rangka dibuat lebih padat sehingga tidak memberikan ada kesan kosong.

Motor yang termasuk pilihan entry level dari Royal Enfield ini tentu menjadi sebuah model menarik tentunya di pasar Indonesia. Country Manager Royal Enfield Indonesia, Irvino Edwardly mengatakan sebagai pemegang merek cukup memberikan indikasi motor ini akan masuk ke pasar Indonesia. Soal waktunya ia belum memberikan keterangan.

"Saat ini memang mungkin sudah kita lihat Royal Enfield baru saja meluncurkan secara global motor Meteor 350 yang completely new, new platform dan new engine. Apakah akan masuk ke Indonesia? Tentunya kita harapakan semua lineup Royal Enfield bisa dinikmati. Kapan dan tanggalnya, tunggu tangal mainnya," beber pria yang disapa Vino ini saat ditemuui di sela-sela kegiatan Ride After Dark di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Kamis (19/11/2020).

Vino juga telah mendapatkan respon baik di pasar Indonesia baik dari pelanggan maupun penggemar motor lainnya. Ia mengaku cukup senang semakin banyak animo pasar terhadap motor-motor baru yang akan dikeluarkan oleh Royal Enfield.

"Feedbacknya baik secara global kita lihat animo dari customer baik itu motorcycle enthusiast masuk ke sosial media kita menanyakan langsung kapan masuk. Kalau melihat dari sana animonya sangat baik, sangat menarik jadi banyak yang menanyakan berbagai hal tentang motor itu sendiri yang mana antusias orang Indonesia terhadap motor baru Royal Enfield cukup menarik," ungkapnya.

Bagi yang belum tahu, Royal Enfield Meteor 350 menggunakan mesin Single 349cc berpendingin udara dan cairan dengan overhead cam, bukan pushrod seperti biasanya. Mesin yang menegak bensin dari tangki berkapasitas 15 liter ini menghasilkan 20 tenaga kuda pada 6.100rpm dan torsi 20 lb-ft pada 4.000rpm yang dipasangkan dengan transmisi mesh konstan lima kecepatan.

Mesin ini terletak di dalam rangka dudukan ganda baru. Tampilan gemuknya disempurnakan dengan roda depan 19 inci dan belakang 17 inci. Ban depan bersanding dengan dengan garpu teleskopik 41 mm di sedangkan ban belakang dengan double shock.

Sistem pengereman roda depan menggunakan cakram 300 mm tunggal dengan kaliper piston ganda. Di belakang pakai cakram 270 mm dengan kaliper piston tunggal dengan ABS.

Royal Enfield Meteor 350 tersedia dalam tiga varian: Fireball, Stellar, dan Supernova. Varian itu memiliki pilihan untuk menyempurnakan tampilan motor seperti opsi knalpot krom, emblem premium, windshield dan sandaran pembonceng. Ketiga versi tersebut mendapatkan Royal Enfield Tripper, yaitu sistem navigasi Bluetooth pertama yang terintegrasi dengan Google Maps.

Di India, Royal Enfield Meteor 350 Fireball dilabeli USD 2.375 atau Rp 33 juta, Royal Enfield Meteor 350 Stellar USD 2.440 atau Rp 34 juta, dan Royal Enfield Meteor 350 Supernova USD 2.560 atau Rp 36 juta.



Simak Video "Penyegaran Royal Enfield Himalayan, Motor Petualang Rp 114 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)