ADVERTISEMENT

Royal Enfield Luncurkan Meteor 350 Anyar, Lebih Padat dan Berisi

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 07 Nov 2020 15:29 WIB
Royal Enfield Meteor 350
Royal Enfield Meteor 350 akhirnya meluncur. Foto: Royal Enfield
Jakarta -

Royal Enfield akhirnya memperkenalkan Meteor 350 terbaru ke pasar. Model ini jelas sekali diluncurkan sebagai jawaban untuk menjaga daya saing pasar motor klasiknya dari Honda yang baru saja meluncurkan model H'ness CB350.

Kabar peluncuran model ini sebenarnya sudah berhembus sejak April lalu, namun baru di penghujung tahun ini Royal Enfield memutuskan untuk benar-benar merilisnya. Tentunya penggemar merek Inggris yang kini bermarkas di India ini sudah tidak sabar menantinya.

Apa saja yang baru dari Meteor 350? Berikut ulasan singkatnya.

Royal Enfield Meteor 350 tampilannya lebih berisi dibandingkan dengan model 350 Royal Enfield lainnya. Penempatan berbagai komponen dalam rangka dibuat lebih padat sehingga tidak memberikan ada kesan kosong.

Dikutip dari Rideapart, Mesin Royal Enfield Meteor 350 adalah mesin yang sama sekali baru. Tidak seperti prediksi yang menduga akan memakai mesin dari model Classic dan Bullet. Royal Enfield Meteor 350 menggunakan mesin Single 349cc berpendingin udara dan cairan dengan overhead cam, bukan pushrod seperti biasanya. Mesin yang menegak bensin dari tangki berkapasitas 15 liter ini menghasilkan 20 tenaga kuda pada 6.100rpm dan torsi 20 lb-ft pada 4.000rpm yang dipasangkan dengan transmisi mesh konstan lima kecepatan.

Mesin ini terletak di dalam rangka dudukan ganda baru. Tampilan gemuknya disempurnakan dengan roda depan 19 inci dan belakang 17 inci. Ban depan bersanding dengan dengan garpu teleskopik 41 mm di sedangkan ban belakang dengan double shock.

Sistem pengereman roda depan menggunakan cakram 300 mm tunggal dengan kaliper piston ganda. Di belakang pakai cakram 270 mm dengan kaliper piston tunggal dengan ABS.

Royal Enfield Meteor 350 tersedia dalam tiga varian: Fireball, Stellar, dan Supernova. Varian itu memiliki pilihan untuk menyempurnakan tampilan motor seperti opsi knalpot krom, emblem premium, windshield dan sandaran pembonceng. Ketiga versi tersebut mendapatkan Royal Enfield Tripper, yaitu sistem navigasi Bluetooth pertama yang terintegrasi dengan Google Maps.

Harga untuk Royal Enfield Meteor 350 Fireball USD 2.375 atau Rp 33 juta, Royal Enfield Meteor 350 Stellar USD 2.440 atau Rp 34 juta, dan Royal Enfield Meteor 350 Supernova USD 2.560 atau Rp 36 juta.



Simak Video "Tes Lengkap Royal Enfield Interceptor 650: Moge 'Murah' untuk Harian!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT