Pesawat Alaska Alami Kecelakaan Tabrak Beruang Saat Landing, Kok Bisa?

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 17 Nov 2020 11:03 WIB
Alaska Airline menabrak beruang saat landing
Pesawat Alaska Alirlnes yang menabrak beruang saat landing (CNN)
Jakarta -

Sebuah pesawat milik maskapai Alaska Airlines mengalami kerusakan pada mesin sebelah kirinya. Pesawat tersebut dapat kecelakaan aneh saat landing: menabrak seekor beruang hingga mati.

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (14/11) akhir pekan lalu. Pesawat Alaska Airlines dengan nomor penerbangan 66 akan mendarat di Yakutat setelah melakukan penerbangan dari Cordova.

Beberapa saat sebelum landing, dua kru pesawat melihat dua ekor beruang melintas di runway yang akan digunakan untuk mendarat.

"Bagian hidung pesawat bisa menghindari beruang-beruang itu, tapi kapten merasakan benturan pada sisi kiri setelah beruang tersebut melintas di bawah body pesawat," demikian pernyataan Alaska Airlines dikutip dari CNN.

Alaska Airline menabrak beruang saat landingAlaska Airline menabrak beruang saat landing Foto: CNN

Masih dalam pernyataan yang sama, pilot mengaku melihat tubuh salah satu beruang tergeletak di tengah lintasan pendaratan sebelum dia memarkirkan pesawat.

Pesawat berjenis Boeing 737-700 itu terlihat mengalami penyok pada mesin kirinya. Sementara enam orang penumpang dilaporkan tidak mengalami cedera.

Beruang melintas masuk ke bandara bahkan sampai runway jadi peristiwa yang sangat langka, bahkan di Alaska sekalipun. Seorang fotografer yang juga ahli biologi setempat bernama Robert Johnson mengungkapkan hal tersebut pada CNN.

"Ini kejadian yang sangat jarang terjadi, sebenarnya merupakan yang pertama terjadi di Alaska. Saya sudah menghabiskan masa dewasa saya dengan meniliti beruang di sana," tegas Robert Johnson.



Simak Video "KNKT Kerahkan 3 Pinger Finder untuk Cari Black Box Sriwijaya Air SJ182"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)