Pertamina Belum Berencana Tambah SPBU Self Service

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 10 Nov 2020 21:42 WIB
Cikampek - PT Pertamina (Persero) telah menerapkan pelayanan mandiri (self service) untuk beberapa SPBU di jalur Tol Trans Jawa. Agar mempermudah pelayanan, Pertamina juga telah menerapkan pembayaran secara non tunai atau cash less.
Ilustrasi SPBU Self Driving Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Self Service dinilai lebih efisien dan cepat dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. Tapi PT Pertamina (Persero) belum berencana meningkatkan jumlah SPBU self service tersebut.

Seperti yang disampaikan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Subholding Pertamina Commercial and Trading, Putut Andriatno kepada detikOto. Dia mengungkapkan, mengubah sebuah SPBU Pertamina menjadi self service harus melalui penjajakan lebih dulu. Termasuk mengetahui kesiapan warga sekitar.

"Momen pandemi kami lebih kepada mensosialisasikan cara pembayaran lebih aman yaitu dengan cashless menggunakan My Pertamina. Kita lihat situasi daerahnya (untuk membangun SPBU Self Service), untuk daerah-daerah tertentu pengusaha masih kurang yakin konsumen bisa mengoperasikan peralatan dengan hati-hati," kata Putut kepada detikOto.

Dalam kesempatan yang sama Putut juga menjelaskan penerapan Self Service di SPBU Pertamina saat ini sudah berjalan di 116 SPBU.

"Penerapan Self Service di SPBU Pertamina saat ini sudah berjalan di 116 SPBU. Di mana penerapannya terbagi atas: Pertama, Full Self Service (seluruh dispenser) sebanyak 17 SPBU. Kedua, Semi Self Service (hanya sebagian dispenser) sebanyak 99 SPBU," kata Putut.

Pengendara mengisi sendiri BBM di SPBU Self Service Pertamina, JakartaPengendara mengisi sendiri BBM di SPBU Self Service Pertamina, Jakarta Foto: Ruly Kurniawan

"Untuk lokasi yang menerapkan Self Service rata-rata di wilayah Jabodetabek, Karawang dan beberapa kota lainnya. Untuk Full Self Service di antaranya di Azalea Bekasi, Km 57, Gading Serpong, dan beberapa lokasi lainnya," Putut menambahkan.

Namun Putut juga menyampaikan Pertamina akan terus berbenah demi bisa terus melakukan pengembangan layananan SPBU Self Service.

"Pertamina masih terus melakukan pengembangan layanan self service secara bertahap dengan melakukan evaluasi terus menerus, khususnya untuk pelayanan di area motor. Kami juga mengembangkan SPBU Full Self Service di beberapa area menyesuaikan dengan segmen pasar masing-masing wilayah," kata Putut.



Simak Video "Viral Oknum TNI di NTT Pukul Petugas SPBU, Ini Penjelasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)