Arus Balik Libur Panjang Diprediksi Terjadi Mulai Besok

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 30 Okt 2020 07:35 WIB
Gerban Tol Palimanan
Arus balik libur panjang diprediksi mulai besok. Foto: Sudirman Wamad
Jakarta -

Libur panjang akhir pekan ini dimanfaatkan banyak masyarakat untuk berlibur keluar kota. Tak sedikit masyarakat yang berlibur menggunakan mobil pribadi.

Lebih dari 300 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta via jalan tol selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Diprediksi, ratusan ribu kendaraan itu akan kembali ke Jakarta akhir pekan ini.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan memprediksi arus balik libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan terjadi pada Sabtu, 31 Oktober dan Minggu, 1 November 2020.

"Antisipasi arus balik diprediksi akan terjadi hari Sabtu-Minggu," kata Kombes Rudi seperti dikutip Antara.

Korlantas Polri melakukan patroli pengamanan arus mudik dan arus balik libur panjang kali ini. Pada hari ketiga libur panjang, kemarin, lalu lintas dilaporkan sudah menurun.

"Untuk situasi arus lalu lintas dua arah sudah mulai menurun, karena telah memasuki hari ketiga," katanya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode dua hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H (27-28 Oktober 2020). Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5% jika dibandingkan lalin new normal.



Simak Video "Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Jokowi Tak Ingin Kasus Corona Naik!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)