Ketika SUV KIA Disulap Jadi Mobil Militer

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 29 Okt 2020 12:19 WIB
Mobil militer KIA
Mobil militer KIA. Foto: Carscoops
Jakarta -

Belum lama ini, pabrikan asal Korea Selatan, KIA meluncurkan SUV mahakarya yang disebut KIA Mohave. Kini, SUV tersebut hadir sebagai mobil militer.

KIA mempresentasikan KLTV alias KIA Light Tactical Vehicle. Mobil militer itu menggunakan sasis SUV KIA Mohave. Prototipe akan diperkenalkan awal tahun depan.

Tak cuma sebagai kendaraan militer, SUV berbasis KIA Mohave ini akan tersedia dalam versi lain, termasuk untuk mobil sektor industri dan rekreasi.

Ini adalah bagian dari rencana KIA untuk mengembangkan platform standar baru untuk kendaraan militer generasi berikutnya. Proyek ini merupakan hasil dari investasi bersama antara KIA dan militer Korea, dan akan menggantikan kendaraan seberat 2,5 dan 5 ton yang saat ini beroperasi secara lokal. Keduanya juga akan mengembangkan kendaraan antipeluru 5 ton baru.

Sementara itu, SUV untuk mobil militer ini menggendong mesin diesel 7.0 liter bertorsi tinggi. Mobil ini hadir dengan transmisi otomatis, ABS, ASR dan peralatan yang biasanya ditemukan di mobil penumpang, seperti navigasi satelit, around view monitor, dan bantuan parkir belakang.

KIA juga mengeksplorasi potensi penggerak hidrogen di berbagai aplikasi militer. Itu termasuk generator listrik darurat dan kendaraan sel bahan bakar. Teknologi ini dipandang cocok karena dapat memasok listrik dalam jumlah besar di zona pertempuran.

KIA tidak asing dengan bidang ini, karena mereka telah membuat kendaraan untuk tentara lokal dan luar negeri selama beberapa dekade. Rentang ini mencakup kendaraan 0,25-, 1,25-, 2,5- dan 5 ton, dan hingga saat ini, mereka telah memasok 9 jenis model berbeda dan 100 turunannya, menghasilkan total 140.000 kendaraan militer.



Simak Video "Lebih Intim dengan KIA Sonet, SUV dengan 6 Tipe & 2 Opsi Transmisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)