Tarif Tol Jakarta-Solo, Buat yang Mau Liburan Cuti Bersama Siapkan Saldo E-Toll Segini

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 27 Okt 2020 06:42 WIB
Ilustrasi proyek Yogyakarta-Solo
Segini tarif tol untuk sekali perjalanan Jakarta - Solo buat kamu yang mau liburan atau mudik di cuti bersama akhir Oktober 2020 ini (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober sebagai hari libur cuti bersama, lantaran adanya libur besar Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober. Jika digabung dengan libur regular Sabtu dan Minggu, maka total ada waktu libur 5 hari di penghujung Oktober 2020.

Bagi yang hendak memanfaatkan libur panjang cuti bersama itu untuk keluar kota ke wilayah Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya, berikut tarif tol Jakarta-Solo yang perlu diketahui.

Seperti dilihat detikOto di situs resmi BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, ketika ingin pergi ke Solo dari Jakarta, ruas tol pertama yang harus dilalui pengguna mobil adalah tol Jakarta-Cikampek, dengan tarif tolnya Rp 15.000 untuk kendaraan golongan I.

Selanjutnya, Anda akan melewati ruas tol Cikopo-Palimanan, dengan tarif Rp 107.500, ruas tol Palimanan-Kanci dengan biaya Rp 12.000, dan dilanjutkan ruas Kanci-Pejagan Rp 29.000 serta Pejagan-Pemalang dengan biaya Rp 57.500.

Ruas tol berikutnya yang dilewati pelancong cuti bersama adalah Pemalang-Batang (Pasekaran) yang berbiaya Rp 39.000, dilanjutkan ruas tol Batang-Semarang dengan tarif Rp 75.000. Anda juga harus melewati tol Semarang seksi ABC, dengan besaran tarif Rp 5.000.

Dari Semarang, untuk tujuan Yogyakarta sebenarnya bisa melewati jalan non tol, dengan exit di Banyumanik dan menempuh jalan raya melewati Ungaran, Ambarawa, dan Magelang. Sementara jika ingin terus gaspol lewat jalur bebas hambatan, pilihannya melewati ruas tol Semarang-Solo, dengan tarif Rp 65.000.

Jika Anda ingin melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, maka harus melewati jalan non tol sejauh kurang lebih 74 km, dengan estimasi waktu tempuh 1 jam 42 menit.

Jika ditotal, maka jumlah saldo e-Toll yang harus disiapkan untuk tarif tol perjalanan Jakarta ke Solo adalah sebesar Rp 405.000.



Simak Video "Hari Ini, 12 Ribu Penumpang Kereta Jarak Jauh akan Tiba di Jakarta!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)