Bermasalah, Harley-Davidson Tarik Lagi Motor Listrik Livewire

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 21 Okt 2020 12:25 WIB
Motor listrik Harley-Davidson LiveWire
Harley-Davidson Livewire di-recall. Foto: Harley-Davidson
Jakarta -

Harley-Davidson telah mengumumkan agenda penarikan kembali motor listriknya, Livewire. Masalahnya perangkat lunak motor tersebut dapat tiba-tiba membuat motor mati mendadak.

Laporan penarikan ini disampaikan lewat National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Lembaga keselamatan lalu lintas Amerika Serikat itu mengatakan ada satu persen dari 1.012 unit yang mengalami masalah ini dan perlu perbaikan di bengkel.

Lebih jelas, masalah ini terjadi pada sistem perangkat lunak On-Board Charging (OBC). Selain menyebabkan mesin mati, beberapa orang juga melihat Traction Control, ABS dan Failure indikator menyala sebagai petunjuk tanda tidak berfungsi. Ada juga yang motornya secara tiba-tiba mati tanpa ada tanda-tanda seperti itu.

Ketika motor mati dalam keadaan ini motor tidak bisa dinyalakan lagi. Kalau pun bisa menyala, kemungkinan akan mati lagi dengan cara yang sama. Selain itu, Motor listrik Harley-Davidson ini secara tiba-tiba kehilangan tenaga dan dapat menimbulkan bahaya jika pengguna sedang dalam perjalanan. Situasi yang digambarkan jika pengendara dalam kondisi motor melaju kencang namun secara mendadak mati maka dapat menyebabkan kecelakaan fatal.

Motor Listrik Harley-DavidsonMotor Listrik Harley-Davidson Livewire Foto: M Luthfi Andika

Penarikan kembali dimulai pada 19 Oktober 2020 dan pemilik akan diberi tahu melalui surat elektronik antara 22 dan 29 Oktober. Pemilik unit yang motornya terdampak akan diminta membuat janji dengan dealer Harley-Davidson untuk memperbarui perangkat lunak sepeda motor mereka secara gratis.

Pemilik memiliki pilihan untuk mengendarai sendiri motor ke dealer atau dapat diminta untuk diambil yang mana juga bebas biaya. Jika mereka memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, pemilik Harley-Davidson LiveWire 2020 dapat menghubungi layanan pelanggan Harley-Davidson di 1-800-258-2464 untuk memverifikasi VIN mereka.

Harley-Davidson LiveWire menggunakan sistem RESS atau Rechargeable Energy Storage System, yang merupakan baterai ion lithium. Baterai ini memiliki rumah yang terbuat dari aluminium. LiveWire juga memiliki baterai kecil 12 volt untuk memberikan tenaga pada lampu, knalpot dan layar display. Pengecasan baterai bisa dilakukan dengan menarik kabel listrik yang disimpan di bawah jok motor.

Soal performa, Harley-Davidson LiveWire diklaim bisa berakselerasi 0-60 mph (96 km/jam) hanya dalam waktu 3,5 detik. Sementara soal jarak tempuh, moge ini sanggup menempuh jarak sekitar 110 mil atau setara 177 km di jalur perkotaan dalam sekali pengisian baterai.



Simak Video "Anggota Geng Harley Keroyok TNI di Bukittinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)