Minggu, 18 Okt 2020 08:28 WIB

Naik Bus Mewah Trans Jawa Rute Malang-Jakarta, Segini Tarifnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bus Mewah PO Putera Mulya Sejahtera Bus Trans Jawa PO Putera Mulya Sejahtera Foto: dok. PO Putera Mulya Sejahtera
Jakarta -

PO Putera Mulya Sejahtera memperkenalkan bus baru rute Malang-Jakarta. Bus ini diklaim lebih nyaman untuk penumpang. Penumpang akan disediakan kursi sendiri-sendiri konfigurasi 1-1-1. Berapa tarifnya?

Menurut Manajemen PT Putera Mulya Sejahtera, Ismu, bus ini bisa melayani tujuan Malang-Jakarta atau Surabaya-Jakarta. Tarifnya Rp 350 ribu.

"Malang-Jakarta atau Surabaya-Jakarta 350 ribu," kata Ismu kepada detikcom.

PO Putera Mulya Sejahtera menggunakan bus Scania K360IB/4x2. Bus dengan mesin bertenaga 360 HP itu memiliki fitur keamanan sekelass sedan. Ada ABS, EBD, Cruise Control, retarder dan perekaman perilaku pengemudi.

Direktur PT. Putera Mulya Sejahtera, Glenn A. Widodo mengatakan Scania K360IB/4x2 cukup membantu mempertahankan waktu tempuh sesuai target. Kemampuannya, lanjut dia, memungkinkan bus berjalan konstan dengan kecepatan tertentu. Sehingga pelanggan bisa memperkiraan waktu tiba di tujuan.

Dia menyebutkan, keberangkatan dari Terminal Arjosari Malang pukul 17.30-18.00, mampir di Surabaya sebentar untuk menaikkan penumpang lalu lanjut ke Jakarta. Perkiraan waktu tempuh 10-12 jam perjalanan.

"Di awal pandemi kami memulai tradisi penyemprotan disinfektan pada bus. Selama kembali beroperasi, setelah seluruh operasional bus distop, kami menarik semua bantal dan selimut untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19. Sekarang ini kami beradaptasi. Selain kami memberikan selimut yang sudah disterilisasi, kami juga melakukan fogging disinfektan agar sirkulasi udara bisa lebih bersih. Satu kali setiap perjalanan di rumah makan," kata Glenn.

Bus Individual Executive Class ini adalah bagian dari eksperimen PO. Putera Mulya Sejahtera dalam pelayanan. Sejak beroperasi kembali di tahun 2016, ada beberapa terobosan yang pernah dibuat. Perusahaan ini menjadi perusahaan bus pertama yang mengoperasikan bus dengan mesin bertenaga 360 HP untuk melayani rute AKAP pertama di Indonesia. Ada 12 unit bus Mercedes-Benz O 500 R-1836 milik PT. Putera Mulya Sejahtera dan masih beroperasi hingga saat ini.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Melihat Fasilitas Bus Ramah Difabel"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com