Toyota Luncurkan Mirai Generasi Kedua Akhir Tahun, Ini Bocorannya

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 14 Okt 2020 11:58 WIB
Toyota Mirai meluncur Desember 2020.
Toyota Mirai meluncur Desember 2020. Foto: Toyota
Jakarta -

Generasi kedua dari mobil berbahan bakar hidrogen Toyota Mirai akan meluncur pada bulan Desember 2020. Toyota juga memberikan kesempatan kepada 32 orang di Jepang untuk menjajal mobil ini terlebih dahulu sebelum diluncurkan nanti.

Toyota belum mengungkapkan detail teknis tentang Mirai generasi kedua ini. Satu-satunya informasi pasti yang dapat diketahui adalah Mirai generasi kedua merupakan mobil dengan penggerak roda belakang.

Toyota Mirai meluncur Desember 2020.Toyota Mirai meluncur Desember 2020. Foto: Toyota

Perusahaan Jepang ini sudah meluncurkan konsep untuk Mirai generasi kedua di Tokyo Motor Show 2019 yang memperlihatkan perubahan besar pada mobil tersebut.

Mirai generasi kedua menggunakan garis-garis tubuh yang lebih melengkung. Dimensinya menjadi lebih panjang, lebih lebar tapi lebih rendah. Hasilnya mobil ini menjadi sebuah mobil sedan empat pintu yang lebih sederhana.

Perubahan drastis ada di dalam kabin di mana ada layar instrumen digital sebesar 8 inci, layar infotaimen 12,3 inci dan desain dasbor yang menarik. Sebagai pemanis lainnya ada aksen perunggu di beberapa bagian dasbor. Mirai juga menggunakan sistem suara JBL 14 speaker.

Toyota Mirai meluncur Desember 2020.Toyota Mirai meluncur Desember 2020. Foto: Toyota

Toyota mengatakan Mirai generasi kedua akan memiliki jangkauan jarak tempuh 30 persen lebih banyak daripada model saat ini. Mirai sekarang memiliki jarak tempuh 502 kilometer dengan sekali isi, artinya Mirai generasi terbaru akan memiliki daya jelajah 653 kilometer dengan satu kali isi tangki hidrogen.

Cukup menarik Toyota masih serius memasarkan mobil berbahan bakar hidrogen. Padahal, infrastrukturnya tak lebih baik dari mobil listrik. Dalam 5 tahun perjalanannya dari 2014 ke 2019 Toyota Mirai baru terjual sebanyak 10.250 unit di pasar Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)