Demo Rusuh, Layanan Bus TransJakarta Berhenti Total

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 08 Okt 2020 17:40 WIB
Demo buruh di kawasan Istana Negara membuat lalu lintas di area itu ditutup sementara. Penutupan itu membuat bus TransJakarta menumpuk di Halte Hayam Wuruk.
Layanan Bus TransJakarta berhenti total Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Layanan bus TransJakarta di seluruh koridor harus dihentikan sementara sebagai dampak dari demo rusuh buruh menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker), Kamis (8/10/2020).

"Sehubungan dengan semakin memanasnya situasi demonstrasi hari ini, Transjakarta memberhentikan seluruh layananya mulai pukul 16.30 WIB sore ini," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (8/10/2020).

Seperti diketahui telah terjadi beberapa titik demonstrasi di Jakarta seperti di kawasan Harmoni, dan Bundaran Patung Kuda Arjuna Wijaya. Di dua titik tersebut terjadi ricuh antara demonstrasi dan polisi.

Selain itu, sebagian demonstran mencoreti dan merusak halte TransJakarta. Seperti terjadi di Halte Harmoni.

Di Halte TransJakarta Harmoni tertulis coretan berisi hinaan kepada DPR. Selain itu, para demonstran melempari halte tersebut dengan batu.

"Langkah tersebut diambil sebagai antisipasi untuk menjaga keamanan seluruh pelanggan, petugas layanan dan asset milik operator yang melakukan tugas mengantarkan warga DKI," sambung dia.

Sebelumnya Nadia mengatakan sebanyak 25 bus TransJakarta terkepung masa demo berhasil dievakuasi melalui pengawalan tim pengamanan operasi TransJakarta. Bus dan pelanggan di dalam seluruhnya berada dalam kondisi aman dan selamat. Ia melaporkan tidak ada korban dan kerusakan bus selam demo.



Simak Video "Menengok Lokasi 'Jagal' Bus TransJakarta Sebelum Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)