Operasional MRT Terganggu Demo Tolak Omnibus Law, Cuma Layani Sampai Dukuh Atas

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 08 Okt 2020 16:43 WIB
Massa demo di Jalan Suryopranoto, Jakpus (Foto: Sachril/detikcom)
Suasana demo menolak Omnibus Law di Jakarta pusat (Foto: Sachril/detikcom)
Jakarta -

Demonstrasi menolak Omnibus Law bukan hanya menyebabkan terganggunya operasional TransJakarta. Pelayanan MRT pun terhambat.

Diberitakan sebelumnya, demo buruh di beberapa titik di Jakarta hari ini ada yang berakhir ricuh. Salah satunya terjadi di Harmoni, di mana masa yang merangsek maju dibalas tembakan gas air mata.

Rangkaian aksi unjuk rasa yang terjadi membuat MRT memutuskan untuk membatasi operasionalnya hari ini. MRT tidak akan sampai Bunderan HI dan hanya akan sampai Dukuh Atas.

"Mempertimbangkan situasi keamanan di area Bundaran HI yang tidak kondusif, MRT Jakarta saat ini hanya beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Dukuh Atas BNI sambil menunggu perkembangan situasi keamanan lebih lanjut," kata Kepala Departemen Corporate Communication PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, Kamis (8/10), dikutip dari CNBC.

Selain MRT, TransJakarta juga mengalami perubahan rute akibat aksi demonstrasi hari ini. Beberapa halte berhenti beroperasi sementara.

"Sehubungan dengan adanya kegiatan aksi masa di sekitar gedung parlemen DPR/MPR RI pada hari ini, maka berdampak pada beberapa layanan operasional Transjakarta yang mengalami modifikasi berupa pengalihan dan perpendekan rute," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo saat dihubungi detikcom, Kamis (8/10/2020).

Adapun layanan Transjakarta yang pengalihan sebagai berikut:

1. Koridor 9 (Pluit - Pinang Ranti)

Dialihkan via Tol JCC Exit Slipi Kemanggisan.

Halte yang tidak melayani arah Pluit:

- Halte JCC
- Halte Slipi Petamburan

"Pelanggan yang biasa menggunakan kedua halte tersebut diarahkan untuk menuju ke Halte Semanggi terlebih dahulu," himbau Nadia.

PSBB ketat mulai berlaku di DKI Jakarta untuk menekan laju penularan virus Corona. Sejumlah transportasi massal seperti MRT juga melakukan penyesuaian.MRT tidak melayani sampai Bundaran HI saat ini akibat demonstrasi menolak Omnibus Law Foto: Grandyos Zafna

2. Koridor 1 (Blok M - Kota)

Mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalur di Kawasan Monas dengan jalur:

Arah Kota: Blok M Sarinah - TL Sarinah keluar jalur - TL Bank Indonesia belok kiri - Jl.Kebon Sirih - Hotel Milenium belok kiri - Jl.Fachrudin - Jati Baru lurus - Jl.Cideng Barat - TL Tarakan belok kanan - Halte Petojo - TL Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota

Halte yang tidak melayani:
- Halte Bank Indonesia
- Halte Monas

Rute 6A (Ragunan - Monas via Kuningan) dan rute 6B (Ragunan - Monas via Semanggi)

Mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Bank Indonesia terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas.

Nadia mengatakan untuk koridor 3 rute Kalideres - Pasar Baru saat ini tertahan sementara.



Simak Video "Polisi Beberkan Modus Admin Grup Medsos Perusuh Demo Omnibus Law"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)