Rabu, 30 Sep 2020 19:45 WIB

Berapa Sih Pajak Mobil Pelat Nomor 2 Angka Tanpa Huruf?

M Luthfi Andika - detikOto
Pelat nomor unik tanpa huruf belakang Pelat nomor kendaraan dua digit tanpa abjad belakang, berapa bayar pajaknya ya? (M luthfi Andika/detik.com)
Jakarta -

Pelat nomor kendaraan unik diburu oleh para kolektor dan pecinta otomotif, yang membuatnya bisa berharga sangat mahal. Untuk bayar pajaknya tiap tahun, apakah mahal?

Pemilik pelat nomor unik, Vinnie Kinetica Rumbayan (28) menjelaskan kepada detikOto, kalau pajak pelat nomor unik ini sama saja dengan kendaraan lainnya. Semua tergantung pajak tahunan jenis kendaraannya.

"Bayar pajak-nya normal-normal saja seperti mobil lainya saja, jadi pajaknya berdasarkan jenis mobilnya saja," kata Vinnie.

Berdasarkan penelusuran detikOto, Toyota Avanza milik Vinnie dengan pelat nomor B 40 hanya membayar pajak tahunannya mencapai Rp 3.843.000. Artinya sesuai dengan pajak jenis mobilnya.

Dijelaskan Vinnie, satu hal yang haram dilakukan pemilik pelat nomor unik adalah telat bayar pajak. Terlambat bayar pajak sehari saja, pelat nomor tersebut bisa berpindah tangan. Itu bisa dimaklumi karena pelat tersebut banyak sekali peminatnya.

"Pemilik nomor pasti akan membayar pajak kendaraaan tepat waktu dan akan dihidupkan terus. Sekali tidak bayar pajak bisa langsung hilang. Waduh kalau sampai hilang (dimiliki oleh orang lain) gak ngerti lagi deh aku (sangat menyesali seumur hidup)," ujarnya Vinnie.

Vinnie menjaga baik-baik nomor kendaraan miliknya yang dua digit tanpa abjad belakang itu. Soalnya, berdasarkan penelusuran detikOto di salah satu situs e-commerce di Indonesia, ada kolektor pelat nomor kendaraan unik menjual pelat 3 angka tanpa huruf belakang dengan harga Rp 100 juta.



Simak Video " Polri Pamer Desain Pelat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com