Sabtu, 26 Sep 2020 16:32 WIB

Robot Gundam Sungguhan Setinggi 18 Meter Beraksi di Jepang

Tim Detikcom - detikOto
Thumbnail video Gundam Gundam ukuran sebenarnya ada di Yokohama, Jepang (CNN Indonesia TV)
Jakarta -

Jepang sudah masyur dengan teknologi maju yang sudah mereka praktikkan dalam berbagai hal. Sampai-sampai tokoh animasi Mobile Suit Gundam dibuat versi aslinya, dan bisa bergerak.

Dalam video terbaru yang beredar di Youtube dan media sosial, terlihat robot Gundam tersebut memamerkan beberapa gerakan baru. Di antaranya gerakan berlutut, memgangkat tangan ke angkasa serta menggerakan jemari dan mengepalkan tangan.

Sementara video lainnya menunjukkan robot setinggi 18 meter dan punya bobot 25 ton lebih itu berjalan menjauh dari dock yang selama ini disandari dalam proses perakitan.

Gundam versi sungguhan ini terletak di Gundam Factory yang berada di Yokohama. Proses pembuatannya, yang dimulai pada 2015, kini makin mendekati akhir.

Gundam ini awalnya diprediksi bisa 'hidup' pada 2019. Namun tenggat waktunya kemudian mundur ke Juli 2020, dan kemudian kembali ditunda sampai Oktober 2020 karena terhambat pandemi virus corona. Kabar terbaru menyebut 'launching' robot ini bakal kembali molor sampai akhir tahun.

thumbnail video gundamGundam ukuran sebenarnya bisa dilihat di Jepang Foto: CNN

Robot Gundam ukuran raksasa yang saat ini masih dalam proses finishing ini adalah RX-78-2 dari film seri Mobile Suit Gundam. Saat sudah selesai dibangun, nantinya robot ini akan mampu bergerak bebas dalam radius 24 derajat. Demikian diberitakan Dailymail.

Saat diresmikan nanti, publik akan bisa menyaksikan secara langsung robot Gundam ini beraksi. Bakal menjadi daya tarik wisata, lokasi robot Gundam juga akan disediakan cafe, toko, dan akademi bagi anak-anak yang tertarik dengan robot.



Simak Video "Kerennya Gundam Yokohama Setinggi 18 Meter yang Bisa Bergerak!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com