Sabtu, 26 Sep 2020 09:05 WIB

Ini Syarat dan Cara Perpanjang SIM Online, Enggak Perlu Antre

Puti Yasmin - detikOto
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Lalu Hedwin memperkirakan semasa pandemi COVID-19 aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan mencapai 75 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc. Syarat dan cara memperpanjang SIM online, cepat enggak pakai antre (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/Ini )
Jakarta -

Setiap pengemudi kendaraan bermotor diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Bila masa berlakunya hampir habis SIM harus segera diperbarui. Untuk mempermudah kini disediakan fasilitas perpanjang SIM Online tanpa antre. Lalu bagaimana syarat dan caranya?

Pendaftaran perpanjangan SIM online bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan media apapun yang terkoneksi dengan internet. Prosesnya pun bisa pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) yang terdaftar secara online tanpa terikat alamat pada KTP atau asal SIM dibuat.

Namun harus diketahui juga SIM Online hanya membantu agar tak perlu antre saat melakukan pendaftaran dan pembayaran. Para pemohon perpanjangan tetap harus mendatangi Satpas untuk melengkapi proses identifikasi dan mengambil SIM. Proses identifikasi tersebut berupa berupa pengambilan foto diri, tandatangan, hingga sidik jari.

Nah, berikut cara perpanjang SIM Online 2020:


Cara Perpanjang SIM Online

Pertama-tama, pemohon yang ingin memperpanjang SIM harus mengakses situs resmi Korlantas Polri di alamat http://sim.korlantas.polri.go.id/. Kemudian, pilih menu registrasi online, dan klik 'Pendaftaran SIM Online'.

detikcom mencoba mengakses situs Korlantas Polri. Namun, saat ini website Korlantas Polri tidak bisa diakses karena sedang dalam perbaikan.

Setelah itu, pilih lokasi Satpas. Pastikan, lokasi Satpas yang dipilih dekat dengan lokasi tempat tinggal agar proses perpanjang SIM online lebih mudah. Pemohon tidak dapat datang ke lokasi Satpas yang berbeda dengan yang dipilih di website.

Selanjutnya, isi keterangan persyaratan, panduan, penggunaan website, dan formulir data permohonan. Setelah mengisi formulir data pribadi, pemohon harus mengisi Data Keadaan Darurat dan konfirmasi untuk memastikan kesesuaian data.

Terakhir, pemohon tinggal memilih tanggal pengambilan SIM dan klik 'kirim'. Layar akan menunjukkan konfirmasi registrasi online berhasil dan bukti tersebut juga akan dikirimkan melalui email.

Meski dilakukan secara online, pemohon juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Di tahap ini, pemohon bisa menyiapkan surat keterangan kesehatan mata.

Jika semua proses sudah dilalui, pihak kepolisian akan memberi informasi untuk pengambilan SIM yang telah jadi. Hal ini bisa dilakukan bila semua syarat identifikasi dan verifikasi meliputi pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan telah dilakukan di Satpas yang telah didaftarkan.

Biaya Perpanjang SIM Online

Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP, biaya perpanjangan SIM Online yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia, yakni Rp 80 ribu untuk SIM A dan Rp 75 ribu untuk SIM C.

Selain PNBP, terkait layanan SIM online, terdapat administrasi sebesar Rp 5 ribu. Adapun, pembayaran bisa dilakukan melalui ATM, EDC, atau pun teller di seluruh kantor Bank BRI.

Syarat Perpanjang SIM Online

Sebelum perpanjang SIM online, pastikan pemohon telah memenuhi syarat dari kesehatan Jasmani maupun rohani seperti di bawah ini, sebagai berikut:

Kesehatan Jasmani

-Penglihatan;
-Pendengaran; dan
-Fisik atau perawakan.

Kesehatan Rohani
Kesehatan rohani meliputi :

-Kemampuan konsentrasi;
Kemampuan konsentrasi diukur dari kemampuan memusatkan perhatian atau memfokuskan diri pada saat mengemudikan Ranmor di jalan.
-Kecermatan;
Kecermatan diukur dari kemampuan untuk melihat situasi dan keadaan secara cermat sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mempersepsikan kondisi yang ada.
-Pengendalian diri;
Kemampuan penyesuaian diri diukur dari kemampuan individu mengendalikan dorongan dari dalam diri sendiri sehingga bisa berhubungan secara harmonis dengan lingkungan, dan beradaptasi dengan baik dengan situasi dan kondisi apapun yang terjadi di jalan saat mengemudi.
-Kemampuan penyesuaian diri;
Kemampuan penyesuaian diri diukur dari kemampuan individu mengendalikan dorongan dari dalam diri sendiri sehingga bisa berhubungan secara harmonis dengan lingkungan, dan beradaptasi dengan baik dengan situasi dan kondisi apapun yang terjadi di jalan saat mengemudi.
-Stabilitas emosi;
Stabilitas emosi dikukur dari keadaan perasaan seseorang dalam menghadapi rangsangan dari luar dirinya dan kemampuan mengontrol emosinya pada saat menghadapi situasi yang tidak nyaman selama mengemudi.
-Ketahanan kerja
Ketahanan kerja diukur dari kemampuan individu untuk bekerja secara teratur dalam situasi yang menekan.


Selamat mencoba perpanjang SIM online!



Simak Video "Polri Masih Tutup Pelayanan SIM-STNK Sampai 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com