Jumat, 25 Sep 2020 17:57 WIB

Viral, Bemper Alphard Penyok Setelah Nabrak Sepeda, Kok Bisa?

Tim detikcom - detikOto
Toyota Alphard tabrak sepeda Bemper Toyota Alphard remuk setelah nabrak sepeda. Foto: Screenshot Instagram @mobilngakak
Jakarta -

Sebuah mobil Toyota Alphard menabrak sepeda jenis road bike. Yang bikin heran, ban belakang sepeda tersebut tampak tidak mengalami kerusakan, sedang bagian bemper kiri depan Alphard tersebut tampak rusak.

Seperti dilihat detikOto pada unggahan video di akun Instagram @mobilngakak, Toyota Alphard berwarna putih menabrak sepeda road bike berwarna hijau. Akibat insiden itu, bagian bemper kiri depan dan housing lampu kabut penyok.

Lalu apakah artinya, kualitas material Alphard lebih buruk dari sepeda itu? Eitss...jangan berspekulasi dulu detikers. Bemper Alphard yang penyok setelah menghantam sepeda justru merupakan hal normal.

[Gambas:Instagram]

Seperti disampaikan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, material bodi mobil Alphard sudah didesain sedemikian rupa untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

"Pertama harus kita lihat perbedaan materialnya dulu. Bemper Alphard itu kan terbuat dari plastik resin, sedangkan velg sepeda yang ditabrak itu terbuat dari bahan yang lebih keras, kemudian kalau kita lihat dari sisi sepedanya itu kan jenis on road yang ketebalan bannya cuma sejempol. Jadi saat ban itu benturan dengan bemper, ia seperti pisau yang memberikan hentakan yang kuat," kata Suparna, melalui sambungan telepon, kepada detikOto, Jumat (25/9/2020).

Lanjut Suparna menjelaskan, area mobil yang tabrakan dengan sepeda itu merupakan 'goa bodi'. Area ini memang didesain untuk penyok ketika terkena tabrakan atau benturan, sehingga aman bagi pengendara yang menabrak atau yang ditabrak.

"Jadi kejadian bemper Alphard penyok itu masuk akal. Kalau bagian itu dibuat keras misal dari besi, malah efeknya akan sangat berbahaya. Yang ditabrak bisa mengalami cedera parah, sementara yang di dalam kabin bisa terkena getaran yang parah," bilang Suparna.

"Dan bemper Alphard yang penyok akibat nabrak sepeda itu bukan berarti mobil mewah ringkih. Justru paradigma itu harus dibalik. Mungkin kalau kejadian itu dialami mobil-mobil zaman dulu, si pengendara sepeda yang tertabrak bisa mengalami cedera parah," jelasnya.



Simak Video "Alphard Menghantam Truk Terguling di Tol JORR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com