Jumat, 25 Sep 2020 09:55 WIB

Mewah, Helikopter yang Ditumpangi Ketua KPK Firli Harganya Hampir Rp 50 M

Tim detikcom - detikOto
Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (Foto: dok. MAKI) Foto: Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (Foto: dok. MAKI)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri melakukan pelanggaran kode etik lantaran menggunakan alat transportasi mewah saat kunjungan kerja. Firli diketahui menggunakan helikopter yang harganya hampir Rp 50 miliar.

Geger kunjungan Ketua KPK Firli Bahuri menggunakan helikopter mewah memasuki babak baru. Dugaan pelanggaran kode etik itu bermula dari aduan Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI). Firli diduga melanggar etik karena menggunakan helikopter mewah saat kunjungan ke Baturaja di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Seperti apa helikopter yang digunakan Firli? Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut Firli menaiki helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO saat perjalanan dari Palembang menuju Baturaja.

Saat ditelusuri lebih lanjut kode PK-JTO itu merupakan helikopter jenis Eurocopter (EC) 130 T2 (H130). Mengutip dari Verticalmag, Kamis (24/9) helikopter ini generasi penerus dari EC 130, T2 disebut punya mesin yang lebih bertenaga dan irit bahan bakar.

Helikopter ini juga digunakan untuk operator penyewaan, dan layanan medis darurat. Beberapa keunggulan lain dari helikopter ini disebut dalam Airbus, memiliki tingkat suara yang rendah, yakni hanya 7 dB. Cocok untuk penerbangan di atas taman nasional, suaka margasatwa, dan daerah perkotaan.

Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (Foto: dok. MAKI)Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (Foto: dok. MAKI) Foto: Ketua KPK Firli Bahuri saat naik helikopter ke Baturaja, OKU, Sumsel. (Foto: dok. MAKI)

Keunggulan lain dari helikopter ini ialah kabin dan jarak pandang yang luas. Selain itu, EC 130 dapat menampung hingga tujuh penumpang.

Bicara soal performa helikopter ini mampu terbang hingga kecepatan 287 km/jam dan ketinggian maksimal 23.000 kaki. EC 130 T2 juga luwes yang diklaim memiliki tingkat pendakian dengan catatan 8 meter per detik.

Guna menunjang kenyamanan, EC 130 T2 memiliki fitur seperti sistem kontrol getaran untuk manuver yang lebih nyaman, sistem AC yang ditingkatkan, pintu geser kabin sisi kanan, dan perbaikan interior tambahan.

Kira-kira berapa harga helikopter EC130 ya? dalam situs aeroclassifieds, Eurocopter EC130 bekas lansiran tahun 2017 dijual €2,790,000 atau sekitar Rp 48,7 miliaran.



Simak Video "Firli Jalani Sidang Etik Naik Heli Mewah: Biar Dewas yang Nilai"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com