Kamis, 24 Sep 2020 09:35 WIB

Cegah Penularan Virus, Pembeli Bensin Pakai Non-tunai Meningkat

Tim detikcom - detikOto
Pertamax Turun Harga

Pengedara mengisi Bahan Bakar Minyak kerndaraan mereka di SPBU CIkini, Jakarta, Minggu (10/2/2019).  PT Pertamina (Persero) secara resmi menurunkan harga BBM jenis Pertamax dari Rp10.200 menjadi Rp9.950 per liter pada Sabtu (9/2) kemarin. Grandyos Zafna/detikcom Cegah penularan virus Corona, beli bensin bisa pakai non-tunai. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Virus Corona (COVID-19) melanda. Sistem transaksi yang biasanya menggunakan uang kini memanfaatkan non-tunai sehingga diharapkan tidak ada penularan virus Corona melalui lembaran uang.

Kini, membeli bahan bakar minyak (BBM) pun bisa pakai sistem non-tunai. PT Pertamina (Persero) berupaya untuk mengedepankan pelayanan yang aman, salah satunya adalah mendorong pelanggan untuk menggunakan pembayaran non-tunai melalui aplikasi MyPertamina.

"Kami terus mengedukasi dan mengimbau kepada pelanggan kami untuk menggunakan aplikasi MyPertamina guna mengurangi adanya kontak fisik antara pelanggan dengan petugas SPBU," kata Anna Yudhiastuti selaku Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region (MOR) IV dalam siaran persnya.

Menurutnya pandemi yang terjadi telah mempercepat perubahan pola transaksi dari yang semula menggunakan uang tunai kemudian beralih menjadi menggunakan uang elektronik.

"Khusus di wilayah kerja kami yakni Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, ada peningkatan angka pengguna MyPertamina yang cukup signifikan yaitu hingga 8 kali kelipatan atau 800%," kata Anna.

Peningkatan tersebut terlihat dari jumlah pengguna MyPertamina pada bulan Mei 2020 sebanyak 37 ribu pengguna dan kini bertambah menjadi 342 ribu pengguna pada bulan September 2020. Menurut Anna, peningkatan itu merupakan komitmen Pertamina dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi digital di Indonesia.

"Setidaknya ada 28 ribu transaksi setiap harinya melalui aplikasi MyPertamina yang tercatat di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan kami harapkan akan terus bertambah," imbuhnya.

Selain aman, Pertamina juga kerap menyajikan berbagai macam promo menarik untuk pelanggan yang menggunakan fitur dari MyPertamina. Seperti promo yang saat ini sedang berjalan hingga akhir bulan September.

"Promo yang masih berlangsung di antaranya cashback 30% bagi konsumen yang melakukan pembelian Pertamax Series dan Pertamina Dex," jelas Anna.



Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com