BMW Indonesia Gelar Balapan ala Pandemi

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 22 Sep 2020 16:45 WIB
BMW Group Indonesia menggelar balapan virtual kelas profesional.
BMW gelar kejuaraan Balap dari Rumah. Foto: BMW Group Indonesia
Jakarta -

BMW Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan penyelenggara kejuaran balap simulator yang mendapat pengakukan Komisi e-Motorsport dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Seiring dengan itu BMW Z4 GT3 didapuk menjadi Official Car kompetisi 'Balap di Rumah'.

Kejuaraan ini tentu salah satu tekad BMW menjaga semangat penggemarnya di tengah perjuangan melewati pandemi virus Corona. Kejuaraan yang mengusung tema Race Against Pandemic ini telah menarik 100 peserta untuk berkompetisi dari rumah masing-masing.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan dan Organizing Committee (OC) Balap di Rumah (BDR) yang juga merupakan anggota Komisi E-Motorsport dari Ikatan Motor Indonesia, Rizal Sungkar meresmikan kegiatan ini dengan menguji secara virtual BMW Z4 GT3 di sirkuit Nürburgring GP.

"Sebagai perusahaan teknologi kendaraan premium dengan DNA motorsport yang kuat, BMW juga memiliki perhatian khusus pada perkembangan Sim Racing. Di tingkat global, selain hadir di DTM & Formula-E, Sim Racing merupakan salah satu pilar penting dari BMW Motorsport. Melalui Sim Racing, para pembalap professional dapat terus mengasah kemampuannya, terutama dalam hal fokus dan tehnik mengemudi. Simulator hadir dengan garis balap yang sama dan persis seperti di sirkuit yang sebenarnya. Sehingga pada saatnya dapat kembali ke sirkuit dengan lebih baik lagi," kata Ramesh melalui siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (22/9/2020).

"Sebagai brand premium terdepan dalam hal teknologi, BMW Indonesia ingin hadir ditengah generasi muda dan mereka yang berjiwa muda, untuk mengenal brand BMW lebih jauh melalui partisipasi kami di BDR: Race Against Pandemic. Langkah ini juga turut diambil untuk mendukung momentum Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka menekan pertumbuhan kasus COVID-19 di Indonesia," lanjutnya.

Dalam lampiran yang sama, Rizal Sungar mengharap kegiatan ini juga menjadi berada pada momentum tepat untuk memacu perkembangan e-Sport di Indonesia. Tak hanya itu, balapan virtual ini juga dapat menjadi alternatif pebalap nasional yang sudah lama tidak berkompetisi di lintasan.

"Pandemi COVID-19 telah menghentikan serangkaian agenda Motorsport di seluruh dunia, namun di sisi lain, pandemi ini telah memacu perkembangan eSports. Belum lagi, terhitung sejak 26 Agustus 2020, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui eSports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia. Untuk itu kami yakin kejuaraan balap simulator ini menjadi sangat penting bagi pembalap professional yang kehilangan agenda Motorsport dan juga bagi Sim Racer yang dapat merasakan langsung dunia balap dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi, dan seluruh kegiatan tersebut dilakukan dengan aman dan nyaman di rumah masing-masing," timpal Rizal.

Kejuaraan BDR: Race Against Pandemic akan dilakukan sebanyak 5 putaran plus satu kali test race pada 23 September di sirkuit virtual Red Bull Ring, Austria. Putaran pertama digelar pada Sabtu, 26 September di sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman dilanjutkan putaran ke-2 pada Sabtu, 3 Oktober di sirkuit Spa Francorchamps, Belgia, putaran ke-3 pada Sabtu, 10 Oktober di sirkuit Mugello, Italia, putaran ke-4 pada Sabtu, 17 Oktober di sirkuit Silverstone, Inggris, dan seri penutup akan dilaksanakan di sirkuit Imola, Italia pada Sabtu, 24 Oktober. Event balap simulator BDR ini dapat disaksikan secara live streaming di akun Youtube Balap Di Rumah dan juga platform streaming MAXStream.



Simak Video "Dibanderol Rp 960 Jutaan, BMW R 18 First Edition Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)