Kamis, 17 Sep 2020 10:02 WIB

Mobil Nissan Z Bergaya Retro Diperkenalkan

Rizki Pratama - detikOto
Nissan akhirnya secara perdana menampilkan model Z generasi terbaru. Nissan Z. Foto: Nissan
Yokohama -

Setelah memberikan teaser selama berbulan-bulan, Nissan akhirnya secara perdana menampilkan mobil Z generasi terbarunya. Mobil ini akan menggantikan Nissan 370Z yang sudah lama berada di jajaran produk Nissan.

Nissan Z generasi terbaru diluncurkan di Nissan Pavilion di Yokohama, Jepang. Ini merupakan langkah baru untuk keluarga Z dari Nissan yang sudah berusia 50 tahun.

Tampilan perdana Nissan Z menggunakan kelir kuning cerah yang memberikan kesan klasik. Di wajah Nissan Z ada lampu depan LED yang didesasin seperti mata karakter komik di antara dua lampu depan ada grill berbentuk persegi panjang.

Nissan akhirnya secara perdana menampilkan model Z generasi terbaru.Nissan akhirnya secara perdana menampilkan model Z generasi terbaru. Foto: Nissan

Sementara itu di bagian belakang seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, ada nuansa retro. Ini mengambil inspirasi dari Nissan 300ZX dengan buntut pendek dan kaca belakang cenderung hampir rata yang ikut menukik mengikuti atap yang dibuat miring.

Mobil ini dihiasi pelek 19 inci, knalpot ganda, dan beberapa potongan body berbahan karbon seperti di skirt samping dan bumper depan. Secara dimensi, Nissan Z lebih panjang dan lebih lebar dari Nissan 370Z yang ada sekarang, tapi Nissan Z sedikit lebih rendah.

"Kami memutuskan Nissan Z untuk melintasi beberapa dekade di masa lalu dan masa depan," kata kepala desain Nissan, Alfonso Albaisa.

Tidak hanya gaya retro di luar saja, dalam kabin juga ada cita rasa klasik yang diusung Nissan Z. Dua kursi utama akan mendapatkan tampilan instrumen digital 12,3 inci dengan sentuhan vintage nan ringkas. Aksen kuning tersebar di bagian interior dan setir dilengkapi tombol kontrol pintas untuk mempermudah aktivasi berbagai fungsi mobil.

Nissan akhirnya secara perdana menampilkan model Z generasi terbaru.Nissan akhirnya secara perdana menampilkan model Z generasi terbaru. Foto: Nissan

Di bawah kap ada mesin V6 twin-turbocharged yang dipasangkan dengan gearbox manual enam kecepatan. Nissan mengatakan bahwa transmisi otomatis juga sedang dikembangkan. Selain itu Nissan belum mengkonfirmasi output daya atau kinerja dari konfigurasi mesin Nissan Z ini.

Pasar terbesar Nissan Z adalah Amerika Serikat. Dari zaman Nissan 240Z sampai 300ZX ada 1,35 juta populasinya di sana. Kehadiran generasi terbaru pun diyakini akan disambut baik oleh pasar.

"Z Proto adalah pernyataan tegas kami bahwa Nissan akan terus menghadirkan kendaraan yang mendebarkan ke dealer AS," ujar Senior Vice President Nissan US Marketing and Sales, Mike Colleran.



Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com