Selasa, 15 Sep 2020 06:38 WIB

Mau Gowes Jauh Terbentur Umur, Sepeda Listrik 'Home Made' pun Meluncur

Rizki Pratama - detikOto
Seorang kakek bernama Mujahid dari Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, berhasil merakit sepeda listrik sendiri. Sepeda berpenggerak listrik itu diberina nama Sigma. Sepeda listrik bikinan sendiri (Dikhy Sasra/detikOto)
Jakarta -

Sepeda merupakan sebuah hobi yang bisa digeluti dari usia muda sampai usia tua. Tapi aktivitas ini tentu saja menuntut ketahanan stamina fisik, yang mana menjadi penghalang para buat mereka yang sudah berusia senja untuk melakukan perjalanan jauh..

Halangan ini membuat seorang pria pensiunan bernama Mujahid berkreasi. Senang bersepeda dan kerap kali tak pernah berhasil mengiringi rombongan rekannya yang lebih muda, ia pun membuat sepeda listrik.

"Kalau ada ini bisa ngikutin yang muda-muda ke titik finish. Di tanjakan pun ga perlu capek. Jadi gowes saat masih kuat dan jalan rata. Kalau tanjakan atau udah panas dada tinggal tarik gas," katanya sambil tertawa kala dijumpai detikcom di Pondok Gede, Bekasi, Sabtu (12/9/2020).

Ide pembuatan sepeda listrik sendiri ini baru tercetus 3 bulan lalu. Hanya dalam waktu 10 hari, Mujahid berhasil menciptakan prototype-nya. Selang beberapa bulan dia akhirnya berhasil menciptakan sepeda listrik kedua yang telah disempurnakan.

"Ini sepeda lama tahun 90-an ini jadi percobaan. Awalnya ga langsung sempurna awanya pakai dinamo samping karena makin panas. Kalau mogok di jalan berat jadi malah sengsara akhirnya jadi seperti ini pakai motor listrik," kenangnya.

"Ini udah sekitar 3-4 bulan lalu. pengerjaan kurang lebih 10 hari. Yang baru bikinnya 3 minggu lalu baru selesai minggu lalu. Disempurnakan biar kelihatannya lebih manis. Nanti mau kita permanis lagi jadi lebih ramping rencananya," lanjutnya.

Kendati bertujuan untuk dipakai sendiri, Mujahid tak menutup kemungkinan jika ada orang lain yang ingin dibuatkan sepeda listrik pula. Apapun nantinya ke depan, niat utama Mujahid sebenarnya sederhana. Dia mau membantu pegowes yang sudah berumur tetap bisa menikmati momen seperti mereka yang masih muda.

"Harapannya ini untuk manula ingin gowes ngikutin ramai-ramai sama teman-teman," tukasnya.



Simak Video "Canggih! Kakek di Bekasi Ciptakan Sepeda Listrik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com