Sabtu, 12 Sep 2020 16:53 WIB

Rossi: MotoGP Tanpa Marquez.....Rasanya Beda

Rizki Pratama - detikOto
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 08: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team looks on during the press conference pre-event during the MotoGp of Austria - Previews at Red Bull Ring on August 08, 2019 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Pendapat Rossi pada Motogp musim 2020 tanpa Marquez. (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

MotoGP 2020 adalah musim mimpi buruk bagi Marc Marquez dan Honda. The Baby Alien harus menepi dalam waktu yang lama setelah patah tulang yang menderanya pada 19 Juli lalu di Spanyol.

Menanggapi rival sekaligus jawara berturut-turut kejuaraan balap sejak tahun 2016 ini, sang legenda Valentino Rossi berkomentar. Ia memberikan pandangannya bagaimana kompetisi di atas aspal tanpa sosok Marquez sejauh ini. Tanp Marquez kondisi di atas lapangan terasa berbeda. Tak ada lagi yang mendominasi, tapi di sisi lain muncul pebalap muda potensial yang dia yakini akan jadi penantang serius.

"Faktanya tanpa Marquez telah mengubah segalanya dibanding ketika dia mendapatkan banyak gelar dan mendominasi balapan ini. Di samping itu, saya percaya telah lahir generasi pebalap baru seperti Binder, Oliveira, Quartararo yang naik dari Moto2 dan mampu memberikan persaingan pada semuanya, bahkan kepada Marc," kata Valentino Rossi dalam sebuah wawancara eksklusif dengan GPone.

Selain itu Rossi juga dimintai pendapat bagaimana Honda saat ini berkompetisi tanpa Marquez. GPone menanyakan apakah kondisi Honda saat ini sama seperti Rossi meninggalkan Honda.

"Ya benar sekali, menurut saya Honda adalah motor yang sangat cepat. Tidak dapat diragukan lagi bahwa Marc adalah pebalap terbaik di atasnya. Mereka dalam kesulitan juga karena pebalap lainnya tak mampu tampil cukup cemerlang. Honda dan Yamaha sedang kesulitan, sementara itu KTM dan Suzuki mengejutkan. Jadi semua keseimbangan ini mengalami perubahan, meskipun nanti ketika Marc kembali ia adalah rival yang selalu ingin saya kalahkan," tutur Rossi.

Sebagai sesama pebalap Rossi tak mampu menyimpulkan apakah Marquez dapat kembali prima usai cedera. Baginya pulih dari cedera seperti ini tidak sekedar kemampuan fisik saja, tapi mental juga.

"Dalam kasus ini kamu harus melihat sendiri bagaimana yang kamu rasakan. Cedera seperti ini meninggalkan bekas di tubuh dan di ingatan. Dalam fisik, kamu harus paham akan ada rasa tidak nyaman ketika kembali balapan. Sementara itu di sisi mental ada ketakutan yang harus dikalahkan. Injuri seperti ini berbekas di semua pebalap bahkan pada diri saya juga ada. Cedera yang dialamai Marc diperburuk setelah plat penyangga patah tulangnya patang dan membuat pemulihan semakin sulit," tukas Rossi.



Simak Video "MotoGP Teruel Masih Tanpa Rossi dan Marc Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com