Sabtu, 12 Sep 2020 08:43 WIB

Sudah Tak Dipakai Negara-negara ASEAN, Kenapa Indonesia Masih Jual Premium?

Ridwan Arifin - detikOto
LCGC tak isi bensin beroktan 92 LCGC tak mengisi oktan 92 (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Bensin dengan kadar Research Octane Number (RON) 88 atau setara premium kembali menarik perhatian. Premium kabarnya bakal dihapus lantaran dianggap tidak ramah lingkungan. Bahkan di wilayah ASEAN tinggal Indonesia saja yang menjual BBM itu lho.

Berdasarkan data yang dipaparkan Unit Manager Communication Relation & CSR MOR III (Jawa Barat, Jakarta, dan Banten) PT. Pertamina Eko Kristiawan, negara tetangga seperti Malaysia saja, BBM dengan kualitas paling rendah adalah jenis RON 95. Pun negara-negara tetangga seperti Laos, Myanmar, dan Kamboja sekalipun tidak lagi menggunakan RON 88.

"Bahkan tertangga terdekat kita Malaysia, Singapura sudah tidak lagi menggunakan RON 88," sambung Eko, saat ngobrol virtual bersama Forum Wartawan Otomotif, Jumat (11/9).

Terungkap BBM premium ini juga nyaris punah di dunia sebab tidak banyak lagi negara yang menggunakan BBM RON 88, hanya tinggal tujuh negara yang masih menjajakan setara premium ini, yaitu Indonesia, Kolombia, Mesir, Mongolia, Bangladesh, Ukraina, dan Uzbekistan.

Sementara itu dalam bahan presentasi yang didapat detikcom, Indonesia menjadi negara dengan variasi BBM terbanyak, yaitu 6 jenis; RON 88 (Premium), RON 89, RON 90 (Pertalite), RON 92 (Pertamax), RON 95 (Pertamax Turbo), dan RON 98 (Pertamax Racing).

Di wilayah ASEAN, Singapura misalnya, minimal yang dijual adalah BBM RON 92. Sementara di Malaysia, minimal yang dijual, yaitu BBM RON 95 dan BBM RON 97. Kemudian di Thailand (BBM RON 91 & BBM RON 95), Filipina (BBM RON 91, BBM RON 95, dan BBM RON 100), Vietnam (BBM RON 92, BBM RON 95, dan BBM RON 98).

Eko menjelaskan penugasan penyaluran BBM jenis Premium tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 serta Kepmen ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018. PT Pertamina (Persero) saat ini masih menyalurkan dan menyediakan Premium di 4.700 outlet/SPBU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, disamping jenis BBM lainnya.



Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com