Jumat, 11 Sep 2020 20:38 WIB

Vespa Elettrica Raih Penghargaan Desain Terbaik

Rizki Pratama - detikOto
Vespa Elettrica di EICMA Milan Motor Show Vespa Elettrica raih penghargaan desain terbaik. Foto: EICMA
Jakarta -

Vespa Elettrica dinobatkan sebagai produk dengan desain terbaik di ajang penghargaan Compasso d'Oro.

Upacara penghargaan untuk Vespa Elettrica diadakan di area pajangan Museum Desain ADI, Milan. Di sana pula Vespa Elettrica akan dipamerkan hingga 16 September bersama dengan produk lainnya yang berkompetisi dalam Compasso d'Oro.

"Vespa Elettrica unik dan tidak salah lagi menegaskan semangat perintis dan inovatif dari sebuah merek di pasar mobilitas global,' demikian kutipan yang mengiringi raihan Vespa Elettrica dari ajang tersebut.

Vespa Elettrica merupakan skuter khas Italia dengan sebuah power unit yang menghasilkan daya konstan 2 kW. Konfigurasi itu menghasilkan daya puncak hingga 4 kW. Vespa mengklaim performa motor listrik ini lebih besar dibanding skuter 50 cc yang banyak digunakan di Eropa.

Bicara kemampuan jelajah, Elettrica bisa menjangkau jarak hingga 100 kilometer dengan satu kali pengisian daya penuh. Vespa juga menyediakan versi X yang menambahkan generator di samping motor listrik. Dengan begitu, daya jangkaunya menjadi dua kali lipat lebih jauh.

Motor listrik Vespa pakai baterai jenis lithium-ion. Untuk mengisi daya sampai penuh dibutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Vespa Elettrica menerima penghargaan Compasso d'Oro setelah berdasarkan seleksi awal yang dilakukan oleh ADI Permanent Design Observatory, yang terdiri dari komite ahli, desainer, kritikus, sejarawan, jurnalis, serta anggota ADI atau eksternal.

Penghargaan Compasso d'Oro merupakan salah satu event apresiasi otomotif tertua di dunia, di mana pertama kali diselenggarakan pada tahun 1954. Ajang ini ditujukan untuk mengapresiasi desain dalam bentuk produk yang dibuat di Italia atau dirancang oleh orang Italia.

Penghargaan ini dikelola oleh Association for Industrial Design (ADI). Sudah lebih dari 300 karya menerima penghargaan dari ajang ini sejak pertama diselenggarakan. Karya-karya tersebut juga dikumpulkan dan dikelola oleh ADI Foundation.



Simak Video "Miniatur Vespa dari Korek Api, Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com