Sabtu, 05 Sep 2020 10:09 WIB

Ragam Jenis Mobil Berdasarkan Desain dan Fungsinya

Rizki Pratama - detikOto
Mobil listrik Volkswagen (VW) ID.3 mulai memasuki jalur produksi. Mobil berjenis hatchback ini akan diproduksi di fasilitas perakitan Volkswagen di Zwickau, Jerman. Membedakan jenis mobil berdasarkan bentuknya. Foto: Getty Images/Sean Gallup
Jakarta -

Tidak sedikit jumlahnya mobil penumpang yang lalu lalang setiap hari di jalanan. Dari berbagai merek dan model mobil sebenarnya secara umum dapat didefinisikan ke dalam beberapa bentuk.

Secara garis besar ada 4 jenis mobil berdasarkan desainnya. Ada yang namana MPV, SUV, Sedan, dan Hatchback. Nah, detikers masih bingung membedakan mobil-mobil berdasarkan jenisnya itu? Berikut penjelasannya.

1. MPV

Toyota Avanza BandungToyota Avanza Bandung Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom

MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle. Jika diartikan secara bahasa artinya kendaraan multi fungsi. MVP mengandalkan rancangan interior yang luas demi mendapatkan kapasitas penumpang yang banyak. Di Indonesia jumlah penumpang MVP rata-rata mampu memuat 6 sampai 7 penumpang.

2. SUV

Honda CR-V Facelift Meluncur di ThailandHonda CR-V Facelift Meluncur di Thailand Foto: Dok. Honda

SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Secara bahasa artinya adalah kendaraan keperluan olahraga. SUV identik dengan ukuran yang relatih lebih besar daripada jenis mobil lainnya. Selain ukuran, hal yang mencolok dari mobil ini adalah ground clearance yang tinggi. Untuk kapasitas penumpang mobil ini cukup beragam dari 5 sampai 7 penumpang.

3. Sedan

Toyota Corolla Sedan GR SportToyota Corolla Sedan GR Sport Foto: Dok. Toyota

Kesan pertama melihat mobil seperti ini biasanya lekat dengan kata mewah atau sporty. Kabin sedan cenderung lebih sempit dari dua jenis mobil di atas. Jumlah baris penumpang pun hanya ada dua bahkan di tingkat lebih atas lagi hanya dapat berisi dua penumpang. Barisan paling belakang yang biasanya dapat diisi penumpang dibuat hampir sama tinggi dengan moncong mobil dan berfungsi sebagai bagasi. Sedan juga memiliki ground clearance yang lebih rendah dari dua mobil di atas.

4. Hatchback

Honda Jazz Modulo X untuk pameran Tokyo Auto Salon 2020.Honda Jazz Modulo X untuk pameran Tokyo Auto Salon 2020. Foto: Dok. Honda

Hatchback merupakan mobil yang identik dengan gaya hidup anak muda karena mobil terlihat praktis. Kata Hatchback merunut pada bentuk bagian belakan yang membulat dan lebih pendek dari mobil-mobil di atas. Mobil ini memiliki kapasitas penumpang maksimal 5 orang dan cenderung memiliki bagasi di baris belakang lebih sempit dibandingkan model lainnya. Seiring berjalannya waktu Hatchback juga telah melahir banyak turunan model sesuai ukuran dan fungsionalitas tanpa meninggalkan ciri khas buntutnya tersebut.



Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com