Selasa, 01 Sep 2020 10:26 WIB

BMW Rp 1,7 Miliar dan Mobil-mobil Koleksi Pinangki

Tim detikcom - detikOto
Mobil BMW Jaksa Pinangki BMW X5 milik Pinangki yang disita. Foto: Tiara Aliya (detikcom)
Jakarta -

Mantan Jaksa Pinangki Sinar Malasari ternyata tidak hanya memiliki Toyota Alphard berharga ratusan juta rupiah. Bekas pejabat di Kejaksaan Agung (Kejagung) yang bermasalah dengan hukum itu juga punya koleksi mobil mewah BMW berharga Rp 1,7 miliar.

Kejaksaan Agung terus mencari barang bukti terkait keterlibatan Pinangki dalam pusaran kasus Djoko Tjandra. Penggeledahan terhadap rumah Pinangki pun dilakukan beberapa hari ini.

"Dari hari minggu kemarin sudah geledah ada lima titik digeledah," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Febrie Ardiansyah, seperti dikutip dari detikNews.

Mobil BMW Jaksa PinangkiMobil BMW Jaksa Pinangki Foto: Tiara Aliya (detikcom)

Pihak Kejagung tidak menjelaskan secara rinci apa saja barang yang disita dari hasil penggeledahan tersebut. Namun terlihat ada mobil Pinangki yang disita oleh Kejagung. Sebuah mobil BMW tipe SUV X5 berwarna biru terparkir di halaman Gedung Bundar Kejagung. Ketika dikonfirmasi, benar saja mobil itu milik Pinangki.

"Iya (milik Pinangki)," ujar Febrie.

BMW X5 milik Pinangki berpelat nomor F-214 dan berwarna biru metalik. Dengan kapasitas penumpang 5 orang dan memiliki 5 pintu. Jika menilik di situs resmi BMW, mobil ini dibanderol Rp 1.509.000.000 untuk harga off the road, sedangkan harga on the road DKI Jakarta untuk kepemilikan mobil pertama mencapai Rp 1.714.000.000. Harga itu tentunya lebih mahal lagi jika pembelinya sudah memiliki beberapa unit mobil di garasinya karena dikenakan pajak progresif.

Mobil mewah asal Jerman itu memang tidak dicantumkan dalam laporan harta kekayaan Pinangki. Jika Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs KPK, Pinangki terakhir kali menyampaikan data pada 31 Maret 2019. Total kekayaannya mencapai Rp 6.838.500.000.

Mobil BMW Jaksa PinangkiMobil BMW Jaksa Pinangki Foto: Tiara Aliya (detikcom)

Harta kekayaannya itu terbagi atas Tanah dan Bangunan senilai Rp 4 miliar, kas dan setara kas Rp 200 juta, dan alat transportasi dan mesin Rp 630 juta. Isi garasi Pinangki pun terbilang beragam modelnya. Dari yang merakyat hingga kalangan kelas pejabat.

Mobil pertama yang terdaftar ialah sedan Nissan Teana tahun 2010 yang ditaksir Rp 120 juta. Lanjut koleksi mobil kedua ialah Toyota Alphard tahun 2014 yang ditaksir seharga Rp 450 juta. Lalu kendaraan terakhir yang didaftarkan Pinangki ialah kembaran mobil sejuta umat, Daihatsu Xenia lansiran tahun 2013 yang ditaksir Rp 60 juta.

Diberitakan sebelumnya, Kejagung terus mengembangkan kasus dugaan suap yang dilakukan oleh Pinangki Sirna Malasari. Kejagung mengungkapkan jaksa Pinangki berperan dalam pengurusan PK (peninjauan kembali) kasus Djoko Tjandra. Pinangki juga melakukan pertemuan dengan Djoko Tjandra di Malaysia bersama-sama dengan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking.

Pertemuan itu diduga untuk keperluan koordinasi dan pengkondisian keberhasilan PK terpidana Djoko Soegiarto Tjandra dengan janji hadiah atau pemberian sebesar USD 500 ribu. Djoko Tjandra juga ditangkap polisi dan kini tengah menjalani penyidikan kasusnya, termasuk soal dugaan suap kepada sejumlah pihak.

Pinangki sebelumnya juga telah dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan. Ia di-nonjob-kan lantaran pergi ke luar negeri sebanyak sembilan kali selama 2019 tanpa izin tertulis pimpinan, salah satunya bertemu dengan Djoko Tjandra.



Simak Video "Melihat BMW Mewah Jaksa Pinangki yang Disita Kejagung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com