Senin, 24 Agu 2020 18:48 WIB

Alasan Vinales Pakai Rem Brembo Standar

Rizki Pratama - detikOto
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 15:  Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team prepares to start in box during the MotoGP Of Austria - Qualifying at Red Bull Ring on August 15, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alasan Vinales pakai rem yang beda. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa rem yang digunakan oleh Maverick Vinales ada tipe standar dari Brembo. Padahal Brembo sudah menawarkan sistem rem baru yang sudah dipakai oleh Valentino Rossi, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Isu rem depan yang panas itu sebenarnya dapat dihindari jika tidak menggunakan tipe standar. Masalah panas itu sebenarnya sempat dirasakan oleh Rossi, Quartararo, dan Morbidelli, namun Vinales mengaku tak mengalami gejalanya di sesi latihan dan memilih untuk tidak menggantinya.

"Kami memutuskan untuk menggunakannya, sebut saja itu sistem rem standar. Brembo membawakan evolusi dan Rossi, Quartararo, dan Morbidelli menggunakannya. Maverick tidak karena dia tidak mengalami temperatur tinggi seperti yang dialami lainnya dan saat mencoba sistem baru ia tidak merasa kurang cocok," ujar Direktur Tim Monster Yamaha, Massimo Meregalli kepada situs MotoGP.

Kendati demikian, Yamaha belum sepenuhnya yakin apa penyebab utama masalah panas rem tersebut. Belum lagi motor saat ini kondisinya sudah remuk dan sulit untuk memeriksanya sekarang.

"Kami akan mencoba untuk menganalisa lebih rinci apa yang sebenarnya terjadi tapi tidak akan mudah karena motornya dalam kondisi yang tidak baik. Tapi saya kira sebelum Misano kita dapat menerima informasi dari mekanik di Jepang," tuturnya.

Rossi mengakui bahwa memang sempat mengalami masalah pada rem sebelum balapan. Namun, saat balapan MotoGP Styria kemarin ia tidak mengalami masalah yang dialami Vinales. Dari sini memang dapat disimpulkan bahwa rem Vinales tidak lebih baik daripada rem rekan timnya yang lain.

"Mengenai rem, saya ada beberapa masalah minggu lalu. Minggu ini kami bekerja bersama Brembo dan menggunakan berbagai material dan tidak ada masalah di balapan dengan rem," aku Rossi.



Simak Video "Jack Miller Sukses di Latihan Bebas I MotoGP Styria"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com