Kamis, 20 Agu 2020 12:04 WIB

Urai Kemacetan, Ada Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Tim detikcom - detikOto
Kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 15.30 WIB. (Foto: Ashri Fathan/detikcom) Ilustrasi kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek. (Foto: Ashri Fathan/detikcom)
Jakarta -

Libur panjang pekan ini dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Di jalan Tol Jakarta-Cikampek, dilaporkan terjadi peningkatan volume lalu lintas.

Untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek. Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas. Rekayasa lalu lintas itu dilakukan dengan cara membuka contraflow di tol Jakarta-Cikampek.

Sejak pukul 09.00 WIB, Jasa Marga memberlakukan contraflow mulai dari Km 47 sampai Km 53 arah Cikampek. Selanjutnya, dikarenakan terus meningkatnya volume lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, contraflow itu diperpanjang.

Dalam siaran persnya Jasa Marga menyebutkan, saat ini contraflow diperpanjang menjadi Km 47 sampai Km 61 sejak pukul 10.00 WIB.

"Dengan diberlakukannya contraflow ini diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km 48," sebutnya.

Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow , Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Selain itu Jasa Marga juga melakukan buka tutup situasional pada tempat istirahat atau rest area Km 50 dan Km 57.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," tulis Jasa Marga dalam keterangan resminya.



Simak Video "Antrean di Gerbang Tol Cikampek Arah Jakarta Mulai Ramai Sore Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com