Jumat, 07 Agu 2020 07:11 WIB

Mengapa Mobil Crossover Makin Banyak Bermunculan?

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 Juta Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis jagoan baru di segmen crossover, dengan nama Corolla Cross. Kehadiran Toyota Corolla Cross menemani model crossover Toyota yang sudah ada sebelumnya, C-HR. Jika melihat tren otomotif saat ini, banyak pabrikan mobil yang berlomba-lomba menghadirkan mobil bergaya crossover, baik dari segmen menengah hingga atas. Tentu ada alasan dibalik strategi tersebut.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, mobil crossover semakin diminati karena dianggap lebih tangguh dari mobil jenis MPV. Mobil crossover cocok dengan kontur jalanan di Indonesia yang tidak semua rata. Crossover yang identik dengan ground clearance tinggi, andal dalam melibas jalanan kasar, bahkan jalanan berlubang.

Sebagai wujud komitmen Toyota menuju elektrifikasi kendaraan, C-HR Hybrid resmi merapat ke Tanah Air. Pabrikan besar asal Jepang ini pamer teknologi C-HR Hybrid di sana.Toyota C-HR Foto: Pradita Utama

Apakah hanya itu saja alasan mobil jenis crossover kian banyak diminati konsumen? Tentu saja tidak. Mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi jadi salah satu alasan. Secara desain, crossover lahir dari paduan SUV yang tangguh dan hatchback berukuran kompak.

"Crossover yang identik dengan dimensi kompak, membuat mobil ini jadi pilihan favorit bagi konsumen yang punya aktifitas padat di dalam kota. Walau di dalam kota cenderung jarang ada jalan jelek, namun konsumen suka dengan tampilan crossover yang gagah," tulis Auto2000.

Tak hanya dari sisi desain dan ground clearance tinggi, alasan lain mengapa mobil crossover disukai adalah karena mesinnya. Dengan kemampuan jelajah yang tangguh terhadap berbagai kontur jalan, mobil jenis ini tetap menawarkan efisiensi bahan bakar yang baik, apalagi beberapa model hadir dengan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik (hybrid).

Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 JutaToyota Corolla Cross Foto: Dok. Toyota-Astra Motor


Simak Video "Toyota Corolla Cross, SUV Hybrid di Bawah Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com