Selasa, 04 Agu 2020 09:04 WIB

Mudik Iduladha, Pertamina Catat Konsumsi BBM di Trans Jawa Meningkat

Tim detikcom - detikOto
Cikampek - PT Pertamina (Persero) telah menerapkan pelayanan mandiri (self service) untuk beberapa SPBU di jalur Tol Trans Jawa. Agar mempermudah pelayanan, Pertamina juga telah menerapkan pembayaran secara non tunai atau cash less. SPBU Pertamina. Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Masyarakat banyak yang memanfaatkan momentum Hari Raya Iduladha akhir pekan kemarin untuk liburan atau mudik. Tak sedikit pengendara yang melakukan perjalanan saat Hari Raya Iduladha kemarin, mengingat tak ada larangan mudik Iduladha dari pemerintah.

Karena banyaknya aktivitas perjalanan masyarakat saat momen mudik Iduladha, PT Pertamina (Persero) mencatat peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Konsumsi BBM di SPBU rest area Tol Trans Jawa pada 29-31 Juli 2020 meningkat drastis.

"Angka peningkatan tertinggi pada hari Kamis atau saat menjelang malam takbiran sebesar 47,9 persen untuk gasoil (diesel) dan 133,8 persen untuk gasoline (bensin), dibanding rata-rata konsumsi harian pada saat new normal atau hari-hari sebelumnya," kata Pejabat sementara (Pjs.) General Manager (GM) MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT) Pertamina Rahman Pramono Wibowo seperti dikutip dari laman resmi Pertamina.

Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menjadi salah satu faktor peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa. Namun, menurut Pramono, konsumsi BBM secara keseluruhan di wilayah JBT atau Jawa Tengah dan DI Yogyakarta masih stabil belum menunjukkan peningkatan.

"Berdasarkan catatan kami, konsumsi harian dalam kurun seminggu terakhir adalah 4.000 kiloliter (kl) gasoil (diesel) dan 10.500 kl gasoline (bensin). Angka tersebut tidak jauh berbeda dari hari-hari sebelumnya pada saat new normal. Kami pastikan juga stok BBM dan distribusi di wilayah kami berjalan aman dan lancar," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, saat momen mudik Iduladha, PT Jasa Marga (Persero) juga mencatat peningkatan volume lalu lintas. Pada arus mudik misalnya, Jasa Marga mencatat sebanyak 345.575 kendaraan meninggalkan Jakarta pada H-1 dan Hari H Idul Adha 1441 H (30-31 Juli 2020) melalui arah Timur, Barat, dan Selatan. Dan pada arus balik atau H+1 Iduladha (Sabtu, 1 Agustus 2020) dan H+2 Iduladha (Minggu 2 Agustus 2020), tercatat sebanyak 331.216 kendaraan menuju Jakarta.



Simak Video "Premium Bakal Dihapus, Ini Tanggapan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com